Kenapa Mobil Bisa Mogok di Perlintasan Kereta?


Seringkali kita mendengar atau bahkan menyaksikan berita di media terkait kecelakaan di perlintasan kereta api yang disebabkan karena mesin kendaraan tiba-tiba berhenti beroperasi dan mati. Ada yang bilang hal itu disebabkan oleh pengaruh medan magnet di sekitar perlintasan kereta api, namun ada juga pendapat yang mengaitkan dengan unsur-unsur mistis, memang tidak ada yang disalahkan dalam berpendapat, namun alangkah baiknya bila disertai alasan logis & ilmiah sehingga bisa dicerna oleh akal sehat.

Kebetulan beberapa hari yang lalu saya mendapat tugas yang berkaitan dengan listrik dan magnet, jadi saya berniat mengkaji tentang Medan magnet di sekitar perlintasan kereta api. Beberapa kali saya mencari referensi di internet, dan hasil yang saya dapat secara garis besar adalah :

1. Medan magnet terbentuk karena efek dari perubahan energi kimia dari bahan bakar menjadi energi gerak dan energi listrik yang berinteraksi dengan pergerakan roda kereta api. Seperti halnya kita membuat magnet dengan paku yang dililiti kabel tembaga, jadi magnet yang terbentuk tergolong elektromagnetik.

2. Mayoritas Roda KA dari baja berjenis ferritic, mempunyai medan magnet yang sangat kuat. Baja ferritic itu yang terbaik magnetnya dibanding jenis baja yang lainnya. ( hasil studi Dr Ir Djoko Sungkono MEng SC, salah satu Dosen Teknik Mesin Institut Teknologi Surabaya )

3. Karena perputaran roda yang sangat cepat dan tinggi itu, maka medan magnet akan maju lebih dahulu. Bisa mencapai 600 meter ke depan.

4. Cara Mengatasinya di setiap perlintasan KA harus dibuatkan ground yang menghubungkan rel dengan tanah setempat. Itu akan bisa menghilangkan medan magnet.

5. Berdasarkan teori medan magnet, Kendaraan berbahan bakar bensin masih menggunakan Platina dan CDI. Jika terkena medan magnet maka pengapiannya akan terganggu sehingga mesin bisa mati, selain itu kekuatan accunya masih 12volt, . sedangkan kendaraan berbahan bakar solar berbeda, selain accunya sudah diatas 12volt juga tidak mengguakan Platina

6. Rumah nenek saya berada di dekat rel kereta api, dulu sewaktu saya kecil kalau mau bikin pisau dari paku cukup menaruh paku di atas rel supaya digilas kereta api. Ternyata meski getaran sangat kuat, tapi paku tidak jatuh dari rel. Itulah kekuatan medan magnetnya sangat kuat.

Dari referensi di atas saya mencoba membuat simulasi sederhana terbentuknya medan magnet di rel kereta api sekaligus menjadi pembuktian bahwa rel kereta api mempunyai medan magnet, berikut dokumentasi simulasi yang saya lakukan

Sedikit tambahan, bagaimana agar bisa terhindar dari masalah di perlintasan kereta api ?

1. Biasakan berdoa sebelum berkendara. Patuhilah rambu-rambu lalu lintas. Tengok kanan kiri sebelum menyeberang perlintasan, terutama bila tanpa palang pintu.

2. Bila pandangan terhalang pohon atau bangunan, jangan sungkan untuk turun dari mobil memastikan keadaan benar-benar aman. Bila telah yakin aman, menyeberanglah tanpa ragu-ragu.

3. Bila mendadak mobil mogok di tengah rel, bersikaplah tenang dan jangan panik. Suruh semua penumpang (termasuk anda sendiri) keluar dari mobil.

4. Bila tidak tampak kereta datang, doronglah mobil keluar dari perlintasan. Baru kemudian anda nyalakan mesinnya kembali.Ingat, jangan pernah mencoba-coba menghidupkan mesin saat mobil berada di atas rel, itu sangat berbahaya!

5. Bila kereta sudah terlihat sementara mobil anda masih terjebak, segeralah menjauh. Nyawa anda jauh lebih berharga ketimbang mobil tersebut.

Sumber Artikel
Previous
Next Post »
Thanks for your comment