Cara Menggunakan DNS Google

DNS merupakan kepanjangan dari Domain Name Server. Fungsi DNS adalah menerjemahkan nama domain menjadi deretan IP. Ketika kalian membuka domain seperti google.com, DNS ini akan men-encode domain google.com menjadi deretan angka unik yaitu IP.

DNS ini biasanya sudah disediakan otomatis oleh penyedia jasa internet atau ISP. Selain itu Google juga menawarkan Open DNS yang dapat kalian gunakan juga. Menurut pengalaman dari mimin ya DNS Google ini stabil kok, entah kenapa kalau pakai DNS Google ini respon untuk membuka web jadi lebih cepat (mimin lebay nih).

Oh iya dengan DNS Google ini kalian dapat membuka situs yang di blokir oleh penyedia jasa internet yang kalian pakai (You know what I mean? Haha). Tapi untuk layanan ISP seperti Speedy DNS Google ini tidak berpengaruh apa-apa. Untuk alternatifnya adalah menggunakan Proxifier (Add on Mozilla). Nanti mimin akan bahas pada postingan berikutnya.

Sekarang buat kalian yang ingin menggunakan DNS Google ini silahkan ikuti langkah di bawah ini.

1. Buka Control Panel ->Network Internet (Sebelumnya ubah "View by"dari Control Panel kalian menjadi "Category")

2. Kemudian pilih "Network Sharing Center"

3. Pada bagian sebelah kiri ada sub menu "Change adapter setting". Nah silahkan pilih yang itu.

4. Kemduian kalian akan ditampilkan jaringan koneksi dari LAN atau WLAN. Mungkin kira-kira seperti gambar di bawah ini.


5. Pilih jaringan yang ingin kalian ganti DNS nya (Yang biasa kalian gunakan aja). Lalu, klik kanan pada jaringan yang dipilih. Kemudian pilih "Properties". Contohnya seperti gambar di bawah ini.


6. Nanti akan muncul window baru. Kemudian kalian cari "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)". Kemudian pilih "Properties"


7. Lagi-lagi muncul window baru yang berisi settingan IP dan DNS kalian. Pada bagian paling bawah kalian pilih "Use the following DNS Adresses". Kemudian isikan pada "Preferred DNS Server dengan  8.8.8.8" dan "Alternative DNS Server  dengan 8.8.8.4". Langsung OK


8. Sekarang kalian sudah menggunakan DNS Google. Silahkan Restart komputer atau Disable-Enable Network Connectionnya


Pilih Disable. Lalu Enable kembali. Dan selesai. Mudahkan?

Jika kalian kesulitan tau tidak mengerti step-step yang di jelasin mimin. Silahkan berkomentar aja atau Follow @SpotGadget di Twitter/

Tutorial Lainnya Cara Menampilkan Folder yang Hilang dengan Attrib | Cara Membersihkan Virus Recylcer/Folder
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment