10 Hal yang belum dijelaskan di "Pacific Rim"

Pacific Rim

“Pacific Rim” adalah salah satu tontonan langka di deretan musim panas Hollywood 2013. Karena tidak diadapatasi dari buku, serial televisi, atau komik, “Pacific Rim” harus memberi usaha ekstra untuk memperkenalkan dunia yang dihadirkannya melalui beragam detail yang ditampilkan di dalam dan di luar layar.

Tetapi, dunia yang dibangun oleh Guillermo del Toro dan Travis Beacham penuh dengan hal kompleks yang tak seluruhnya dapat dijabarkan dalam 132 menit. Bila Anda sudah menonton film “Pacific Rim” dan masih memiliki beberapa pertanyaan, penjelasan di bawah ini mungkin dapat memberi sedikit pencerahan.

Pembahasan ini mengandung spoiler, karena itu jangan baca bila Anda belum menonton film ini.

1. Apa itu Pan Pacific Defense Corps (PPDC)?

Anda dapat melihat logo PPDC di mana-mana dalam film ini. Tapi, apakah sebenarnya organisasi ini? PPDC didirikan di tahun 2014 oleh 21 negara yang berada di sekitar lingkar Pasifik sebagai reaksi terhadap kemunculan Kaiju pertama di San Fransisco pada tanggal 10 Agustus 2013. PPDC yang dipimpin oleh Marshall Stacker Pentecost akhirnya menjadi rumah bagi Program Jaeger.

2. Bagaimana program pembuatan Jaeger terbentuk?

Setelah Kaiju keempat dengan kode nama Scissure menyerang Sydney, ilmuwan bernama Dr. Jasper Schoenfeld mengusulkan pembuatan mesin raksasa dalam Konferensi Seoul tahun 2014 yang dihadiri oleh Pentacost. Meski idenya terdengar sulit, PPDC ternyata setuju mendanai proyek ini. Tidak bisa melakukannya sendiri, Schoenfeld pun bekerja sama dengan mantan murid terbaiknya, seorang ilmuwan dari D.A.R.P.A. bernama Dr. Caitlin Lightcap.

Lightcap pun mendesain mekanisme jembatan saraf yang memungkinkan manusia untuk mengontrol pergerakan mesin yang akan dibuat. Pentecost adalah orang pertama yang berhasil mencoba jembatan saraf ini dan menggerakkan lengan robot. Setelah mendapat bukti bahwa program yang mereka jalankan dapat diwujudkan, PPDC pun mulai membangun Jaeger.

3. Kenapa PPDC tidak menggunakan bom nuklir untuk menghabisi Kaiju?

Target utama Kaiju adalah daerah dengan tingkat populasi tinggi. Dalam empat serangan Kaiju pertama, pihak militer menggunakan bom untuk membunuh Kaiju. Tetapi, waktu yang dibutuhkan untuk mengatasi Kaiju dengan cara ini tidak sebentar dan punya potensi menghasilkan kerusakan lebih besar gara-gara efek samping nuklir.

Selain itu, beberapa Kaiju tidak mempan dibunuh dengan bom nuklir. Hal ini selaras dengan prioritas PPDC untuk adalah berupaya memperkecil area terdampak dari misi untuk menghabisi Kaiju yang perhitungannya mencakup kalkulasi korban jiwa, penyebaran darah Kaiju (Kaiju Blue), dan total waktu serangan.

4. Kenapa Jaeger membutuhkan dua pilot?

Beban yang harus ditanggung oleh seorang pilot untuk mengoperasikan Jaeger terlalu berat. Di bulan Januari 2015, dalam uji coba Brawler Yukon, Jaeger pertama yang dibuat oleh PPDC, pilot pertamanya, Kapten Adam Casey, meninggal dunia setelah mengalami kejang hebat dan Jaeger yang dikendalikannya jatuh.

Dalam uji coba selanjutnya dengan Letnan Sergio D’onofrio, hal yang sama kembali terjadi. Lightcap yang punya keterikatan personal dengan sang pilot melakukan tindakan drastis untuk menyelamatkan nyawanya. Lightcap yang kemudian menghubungkan dirinya dengan jembatan saraf D’onofrio berupaya membagi beban yang ditanggung sang pilot untuk mengontrol Brawler Yukon. Tindakan nekat ini ternyata sukses. Sejak saat itu, semua Jaeger dikendalikan oleh dua pilot.

5. Kenapa hampir semua pilot Jaeger adalah keluarga atau teman baik?

Dalam filmnya, pilot Crimson Typhoon, Cherno Alpha, dan Striker Eureka semuanya memiliki hubungan keluarga. Untuk mengoperasikan Jaeger, dua pilotnya membutuhkan kompatibilitas tinggi dan memiliki kesediaan untuk berbagi pikiran dan memorinya dengan orang lain. Dua orang dengan hubungan keluarga atau pertemanan baik lebih banyak dipilih karena mereka sudah memiliki keterikatan lebih lama dan memori yang dimiliki pun banyak yang dialami bersama.

6. Apakah Shatterdome itu?

Shatterdome merupakan markas PPDC yang digunakan sebagai tempat konstruksi, perbaikan, dan perawatan Jaeger. Shatterdome pertama didirikan di Hong Kong di tahun 2015. Selama Program Jaeger beroperasi, termasuk Hong Kong, total Shatterdome yang dibangun adalah delapan lokasi. Tujuh lokasi strategis lain adalah Lima, Anchorage, Vladivostok, Tokyo, Sydney, Los Angeles, dan Panama City.

7. Ada berapa banyak Jaeger yang pernah diproduksi oleh PPDC?

Sebanyak 21 Jaeger telah dibuat oleh PPDC. Shatterdome Hong Kong menjadi rumah untuk Jaeger Horizon Brave, Shaolin Rogue, dan Crimson Typhoon. Shatterdome Lima menjadi rumah untuk Diablo Intercept, Solar Prophet, dan Matador Fury. Shatterdome Anchorage menjadi rumah untuk Gipsy Danger, Chrome Brutus, dan Brawler Yukon. Shatterdome Vladivostok menjadi rumah untuk Eden Assassin, Cherno Alpha, dan Nova Hyperion.

Shatterdome Tokyo menjadi rumah untuk Coyote Tango, Tacit Ronin, dan Echo Saber. Shatterdome Sydney menjadi rumah untuk Vulcan Specter dan Striker Eureka. Shatterdome Los Angeles menjadi rumah untuk Mamoth Apostle dan Romeo Blue. Dan Shatterdome Panama City menjadi rumah untuk Puma Real dan Hydra Corinthian.

8. Ada berapa banyak Kaiju yang telah menyerang Bumi?

Di akhir tahun 2024, telah ada 46 Kaiju yang menyerang Bumi. Dalam filmnya, Kaiju pertama dengan kode nama Trespasser muncul di San Fransisco setelah didahului gempa 7,1 skala Richter. Kaiju pertama yang berhasil dimusnahkan oleh Brawler Yukon di Vancouver memiliki kode nama Karloff. Sementara itu, Kaiju yang dilawan oleh Stacker Pentecost saat menyelamatkan Mako Mori merupakan Kaiju Kategori II dengan kode nama Onibaba. Klasifikasi Kaiju dibagi menurut Skala Serizawa (I sampai V), berdasarkan pergerakan air serta tingkat racun dan radioaktifnya.

9. Kenapa Mako Mori menjadi anak angkat Stacker Pentecost?

Dalam serangan Onibaba di Tokyo bulan Mei 2016, Pentecost menyelamatkan Mako yang sudah kehilangan seluruh anggota keluarganya. Setelah partnernya, Tamsin Sevier kehilangan kesadaran, Pentecost harus mengendalikan Coyote Tango sendirian untuk mengalahkan Kaiju ini. Pentecost berhasil mengalahkan Onibaba, tetapi ini juga menjadi kali terakhirnya menjadi pilot Jaeger. Setelah melihat foto Mori di koran sebagai sosok ikonis korban selamat dari serangan di Tokyo, Pentacost memutuskan untuk mengangkatnya sebagai anak. Mako yang diadopsi oleh sang Marshall pun dibawa untuk tinggal di Anchorage. Di tahun yang sama, Raleigh dan Yancy Becket diterima masuk sebagai murid pelatihan di Akademi Jaeger.

10. Kenapa Mako Mori tidak punya jalinan romansa dengan Raleigh Becket?

Ketika pemeran utama dalam sebuah film blockbuster adalah dua orang yang cocok satu sama lain, biasanya ada tekanan untuk membuat kisah cinta mereka sebagai percabangan plot. Namun, sang sutradara, Guillermo del Toro, secara sengaja tidak memasukkan hal ini dalam “Pacific Rim”.

“Salah satu keputusan yang kami buat ketika kami maju dalam proses pembuatan film ini adalah, mari kita tidak membuat kisah cinta. Mari kita buat cerita mengenai dua orang manusia,” kata del Toro dalam wawancaranya dengan The Star.

Tak hanya itu, “Pacific Rim” juga sengaja tidak mereduksi peran Mako hanya sebagai pasangan sang tokoh utama pria. Dalam film ini, Mako diposisikan sebagai partner yang setara dengan Raleigh, dan kehadirannya pun tidak dieksploitasi dari sisi seksual.

Del Toro ingin membuat cerita mengenai dua orang yang saling menyukai tanpa harus diakhiri dengan adegan ciuman. Meski demikian, ia tetap mengambil gambar untuk tiga versi akhir cerita yang berbeda. Salah satu adegan yang diambilnya menghadirkan Mako dan Raleigh yang berciuman di akhir cerita. Tetapi, bagi del Toro adegan ini terasa agak aneh karena keduanya adalah teman dan kolega baik.

Versi yang akhirnya muncul di bioskop memang tidak melibatkan ciuman antara kedua pemeran utamanya. Meski demikian, bagi del Toro, petunjuk bahwa di masa depan Mako dan Raleigh mungkin menjadi pasangan telah ada di sana.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment