Mengenal Paus Biru, Mamalia Terbesar di Dunia

Paus Biru

Paus Biru adalah mamalia berdarah panas, bernafas dengan paru-paru, melahirkan dan menyusui anaknya. Mamalia laut ini mempunyai ukuran berat dan volume yang luar biasa.

Paus biru dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai Blue Whale, Pygmy Blue Whale, Sibbald’s Rorqual, Sulphur-bottom Whale. Sedangkan dalam bahasa latin, paus biru dinamai Balaenoptera musculus.

Paus Biru 4

Linnaeus memberi nama paus biru dengan nama genus yang berasal dari kata Latin balaena yang berarti “paus” dan kata Yunani pteron yang berarti “sirip” atau “sayap.” Nama spesiesnya, musculus, adalah kependekan kata Latin mus yang berarti “tikus”. Kata “musculus” bisa juga diartikan sebagai “otot”.

Paus Biru di Dalam Laut

Berikut Fakta Menarik Tentang Paus Biru ini :

Fakta 1: Paus Biru Berdarah Panas dan Bernafas dengan paru-paru

Paus Biru 2

Paus Biru bukan ikan bro paus biru itu berdarah panas sama mempunyai paru-paru kayak mamalia lain, itu sebabnya paus suka nyundul ke atas air buat ngehirup oksigen, tahu ga bro setiap kali nyundul ke atas air waktu nyelamnya lama banget, karena paru-paru paus biru nampung udara 5000 Liter loh.

Fakta 2: Paus Biru Berukuran Sangat Besar

Ukuran berat atau volume paus ini teramat sangat besar bro , Hati atau Liver nya juga beratnya 450 Kg gan, gimana ga gede ukuran berat tubuh si bongsor ini juga bisa mencapai 181 Ton, serta panjang antara 81 kaki - 100 kaki lebih , buat bro-bro yang masih bingung saya kasih gambar perkiraan panjang tubuhnya yah :

Perbandingan 1

Kalo perbandingan kurang lebih sama manusia bro, kecil banget yah untung paus biru ga makan daging 
 
Perbandingan 2

Nah ini kalo perbandingan sama yang lain, gimana? gede ga bro?

Perbandingan 3

Nah kalo ini perbandingan sama pasu yang lain bro , gede banget yah 

Fakta 3: Memiliki Indera Peraba dan Pendengaran Tajam

Paus Biru 3

Mamalia terbesar di dunia ini juga termasuk salah satu mamalia yang memiliki indra peraba dan pendengaran super tajam bro. Mereka mudah mengetahui arah ketika ia berada dalam air, cara kerjanya mengeluarkan suara keras lalu ia akan mengikuti gema yang dihasilkan suara yang dibuatnya sendiri.

Fakta 4: Paus Menyusui Anaknya, Susunya beda loh tapinya

Ya, paus itu kan emang mamalia pastinya menyusui anaknya di dalam laut gan (gimana sensasi lagi nenen di dalem airnya yah ga kebayang) namun ada yang berbeda loh bro air susu dari si paus itu beda banget karena wujudnya padat juga memiliki kandungan lemak banyak (kayaknya agar ga kedinginan si anaknya) kalo agan-agan masih penasaran gimana air susunya ini dibawah :

Air Susu Paus Biru
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
14 June 2014 at 14:53 ×

astagfirullohhh ga salah itu gedenya?
manusia udah kaya kurcci aja kalo deket paus hiu

visit to http://tanjungherbal.com

Selamat egzy kusmayadi dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment