4 Tips Tetap Sehat dengan Berolahraga Saat Bepuasa

Yang jadi pertanyaan, saat bulan puasa datang, dapatkah kita tetap berolahraga mengingat asupan energi dan nutrisi berkurang? Tentu bisa. Justru dengan tetap rutin berolahraga Anda tetap terlihat segar selama menjalani puasa. Nah, berikut adalah tips berolahraga di saat bulan puasa.

1. Memilih Olahraga Yang Tepat

a). Pagi Hari Setelah Sahur

Olahraga

Jika Anda memilih waktu berolahraga di pagi hari setelah sahur, maka pilihlan jenis olahraga yang ringan. Anda bisa joging, bersepeda, jalan cepat, yoga, atau body balance. Berolahragalah selama 30-45 menit.

b). Sore Hari Menjelang Berbuka

Olahragaa

Jika Anda merasa fit dan memilih waktu berolahraga di sore hari yang intensitasnya lebih tinggi, Anda bisa melakukan latihan kardio dikombinasi dengan sedikit latihan beban, lari, senam dansa, pilates, renang selama 30 hingga 60 menit sebelum berbuka. Ada yang ngga tau apa itu pilates? Sama, ane juga gatau

2. Perhatikan Asupan 

Konsumsilah makanan tinggi protein dan kaya serat karena jenis makanan ini menyimpan energi lebih lama. Anda tidak mudah merasa lapar. Tidak mudah lelah saat Anda harus berolahraga di saat berpuasa. Misalnya, mulailah sahur dengan jus sayuran hijau: bayam, batang seledri, air jeruk lemon, nanas, dan madu. Baru minum teh manis panas atau susu. Telur rebus, kacang-kacangan dan sayuran pastikan ada dalam daftar menu sahur Anda. Lengkapi dengan konsumsi vitamin (vitamin C, E, dan minyak ikan). 

Makan-Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Sore hari, setelah berolahraga, berbukalah dengan makanan segar menyehatkan. Misalnya memasukkan daftar kombinasi jus segar dalam menu berbuka Anda. Ganti kebiasaan mengonsumsi gorengan saat berbuka.

Just Joking

3. Hati-hati dan Dengarkan Tubuh Anda

Dengarkan Tubuh Anda

Ada baiknya sebelum berolahraga, kenali dengan baik kondisi tubuh Anda hari itu. Bagaimana tekanan darah Anda, denyut nadi, suhu tubuh, semua harus terukur secara obyektif. Anda yang paling tahu kondisi tubuh Anda. Jangan terlalu memaksakan diri berolahraga jika memang tubuh terasa tidak fit.

4. Tidur Cukup

Tidur Cukup

Atur waktu tidur Anda dengan baik. Umumnya saat berpuasa waktu tidur menjadi berkurang. Saat berpuasa, Anda harus bangun pukul 3 pagi menyiapkan sahur. Padahal dibutuhkan tidur cukup minimal 6 jam, jika ingin melakukan aktivitas olahraga. Untuk menyiasatinya maka tidurlah lebih cepat di malam hari. Atur waktu secermat mungkin sehingga waktu tidur Anda mencukupi 6-8 jam.

Sumber Artikel
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
27 July 2013 at 14:03 ×

Salam kenal sista... Info yang menarik nih... Kalau boleh tau, bagaimana ya cara menghitung jumlah lemak yang kita konsumsi sehari-hari? Ditunggu juga ya info mengenai Salam kenal sista... Info yang menarik nih... Kalau boleh tau, bagaimana ya cara menghitung jumlah lemak yang kita konsumsi sehari-hari? Ditunggu juga ya info mengenai baju senam terbaru yang trandy ya sist...
:)

Balas
avatar
admin
29 July 2013 at 14:16 ×

Menurut hasil yang saya searching sista dapat menghitungnya dengan rumus sebagai berikut :
Jumlah lemak (dalam satuan gram) = (Jumlah kalori per hari x presentase lemak yang akan dikonsumsi) : 9 (jumlah kalori dalam satu gram lemak)

Untuk konsumsi lemak kalau bisa hanya 20% dari kalori yang biasa kita makan, misalkan : Kalori yang kita asup sehari 2000 maka 20%nya ada 100 untuk lemak semoga membantu (o)

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment