4 Tips Membuat Nasi Goreng ala Resto

Nasi Goreng

Meski tampak gampang, namun tak sedikit orang yang gagal bikin nasi goreng. Teksturnya lembek, rasanya kurang gurih dan aromanya kurang sedap. Ada beberapa trik sederhana yang harus dipatuhi jika ingin bikin nasi goreng seenak buatan resto.

Nasi goreng jadi salah satu menu favorit orang Asia. Sajian ini mudah dibuat dan jadi menu andalan saat kehabisan ide memasak. Agar nasi goreng buatan Anda bisa seenak buatan restoran, lakukan beberapa tips ini.

1. Nasi harus kering

Nasi Harus Kering

Salah satu aturan baku untuk membuat nasi goreng enak adalah pemilihan nasi. Jangan gunakan nasi yang baru saja matang, karena memberi tekstur lembek. Yang terbaik adalah menggunakan nasi yang sudah dimasak sehari sebelumnya, karena bertekstur lebih kering dan mudah dimasak. Atau taruh nasi dalam kulkas selama beberapa jam agar teksturnya lebih kenyal.

2. Gunakan wajan lebar

Gunakan Wajan Lebar

Gunakan wajan yang lebar agar seluruh komposisi nasi goreng bisa teraduk sempurna. Karena banyak diaduk, wajan yang lebar ini juga bisa mencegah nasi goreng dan mencegah isinya berhamburan keluar saat sedang diaduk-aduk. Tukang Nasi Goreng deket rumah gw juga pada pake wajan yang gede, katanya sih buat jaga-jaga kalo ada yang beli porsi banyak.

3. Gunakan api besar

Gunakan Api Besar

Salah satu faktor yang membuat nasi goreng buatan restoran terasa spesial adalah aromanya yang khas. Aroma ini dihasilkan dari suhu panas dari api. Suhu yang tinggi juga mencegah nasi menempel pada wajan dan membuat tekstur nasinya kering enak/ Lu liat aja gimana kalo Tukang Nasi Goreng masak, apinya pasti agak sedikit gede cuma tetep dalam penggunaan yang wajar ya bro..

4. Jangan terpaku pada resep

Jangan Terpaku Sama Resep

Untuk membuat nasi goreng enak, Anda tak harus selalu mengikuti aturan resep secara baku. Beragam bahan dan komposisi bisa dimasukkan dalam racikan nasi goreng. Misalnya punya ayam goreng sisa makan malam, sosis, hingga irisan wortel dan buncis. Saat hampir selesai dimasak, cicipi dulu agar bisa ditambahkan bumbu jika kurang, saat nasi goreng masih panas. Semua yang berasal dari usaha sendiri pasti lebih nikmatkan bro?

Previous
Next Post »
Thanks for your comment