12 Negara Pecandu Smartphone

Pengguna Handphone belakangan ini semakin banyak. Permintaan akan handphone juga semakin meningkat. Tak hanya feature phone namun juga smartphone. Oleh karena itu, akan ada semakin banyak orang yang kecanduan akan smartphonenya.

Ponsel cerdas alias smartphone kian mendapat tempat di masyarakat. Fitur yang canggih dan harga yang kian terjangkau membuat smartphone semakin laris.

Diperkirakan, 80% umat manusia saat ini sudah memiliki ponsel. Dan dari 5 miliar ponsel yang ada di dunia, 1,08 miliar di antaranya adalah smartphone.

Smartphone sendiri kurang lebih diartikan sebagai perangkat ponsel yang punya sistem operasi, didukung aplikasi dan punya kemampuan canggih layaknya komputer. Seperti Windows Phone, iOS, BlackBerry dan tentu saja Android.

Lantas, negara manakah yang paling kecanduan dengan smartphone? Berikut daftarnya yang dikutip detikINET dari Silicon India . Peringkat ini didasarkan pada besarnya persentase pengguna smartphone dibandingkan total pengguna ponsel. Ssst, Indonesia juga masuk lho...

Berikut urutan berdasarkan dari sumber yang didapat :
1. Jepang
2. Korea selatan
3. Amerika
4. Spanyol
5. Cina
6. Brazil
7. Polandia
8. Filipina
9. Meksiko
10. Rusia
11. Indonesia
12. India

Dibawah ini adalah penjelasan dari peringkat-peringkat diatas.

1. Cina

China Smartphone User

- Pengguna smartphone: 24% dari total pengguna ponsel
- Total pengguna smartphone: 270 juta

Dengan populasi penduduk begitu besar, pasar ponsel di China sangat penting bagi para vendor ponsel. Pengapalan smartphone di China meningkat 112% di kuartal 4 2012 dengan jumlah 70 juta unit.

Android saat ini menjadi sistem operasi terpopuler di China dengan pangsa pasar 90%. Banyaknya vendor lokal yang mengadopsi Android melonjakkan popularitasnya.

Apple juga menyadari pentingnya pasar China. Di Negeri Tirai Bambu ini, Apple Store sebagai ujung tombak resmi penjualan iPod, iPhone dan iPad sudah banyak berdiri.

2. Amerika Serikat

American Smartphone User

- Pengguna smartphone: 48% dari total pengguna ponsel
- Total pengguna smartphone: 172 juta

Pasar smartphone di Amerika Serikat sering disebut sebagai yang terbesar di dunia. Tak heran, produsen ponsel besar biasanya menempatkan negeri Paman Sam ini sebagai pasar terpenting.

BlackBerry pun baru-baru ini meluncurkan handset terbaru Z10 di New York. Demikian juga Samsung yang memperkenalkan Galaxy S4 pertama kali di kota Big Apple itu.

Saat ini, Android adalah OS terpopuler di AS. Diikuti iOS dari Apple yang menjadi sistem operasi di iPhone.

3. Jepang

Japan Smartphone User

- Pengguna smartphone: 66% dari total pengguna ponsel
- Total pengguna smartphone: 78 juta

Jepang adalah negara yang dikenal dengan industri teknologi tingginya. Begitu banyak perusahaan teknologi besar yang berkembang di Negara Sakura ini.

Tidak heran jika sebagian besar warganya sudah menggunakan smartphone. Banyak yang menggunakan produk buatan lokal.

Produsen lokal seperti Sharp atau Sony memang lumayan berjaya di negaranya sendiri. Namun vendor mancanegara seperti Samsung atau Apple pun lumayan diminati pasar setempat.

4. Brazil

Brazil Smartphone User

- Pengguna smartphone: 20% dari total pengguna ponsel
- Total pengguna smartphone: 55 juta

Pasar ponsel Brazil adalah yang terbesar keenam di dunia. Negara ini menjadi lokasi lebih dari sepertiga pengguna perangkat mobile di Amerika Latin dan Karibia.

Layanan 3G sudah diperkenalkan di Brazil sejak tahun 2007. Saat ini, layanan 3G pun kian luas jangkauannya dan tarifnya semakin murah di negeri itu.

Android menjadi sistem operasi paling populer di Brazil. Antara lain berkat toko aplikasinya yang banyak menyediakan produk murah atau malah gratisan.

5. India

India Smartphone User

- Pengguna smartphone: 4% dari total pengguna ponsel
- Total pengguna smartphone: 44 juta

Dengan 44 juta pengguna, penduduk India adalah pengguna smartphone terbesar kelima dunia ditilik dari sisi jumlah. Warga di memang terhitung cepat mengadopsi smartphone.

Memang porsi pengguna feature phone masih tinggi, di mana Nokia cukup berjaya di sana dengan seri Asha. Namun sekarang ini smartphone jumlahnya semakin menyusul feature phone.

Secara keseluruhan jika feature phone dan smartphone penjualannya digabung, Nokia cukup lama berjaya sebagai produsen ponsel terbesar di India. Akan tetapi kabarnya Samsung sudah menyusul produsen asal Finlandia itu.

6. Korea Selatan

South Korea Smartphone User

- Pengguna smartphone: 59% dari total pengguna ponsel
- Total pengguna smartphone: 32 juta

Penduduk Korea Selatan memang memang dikenal melek teknologi. Tak heran jika penetrasi smartphone di Negeri Ginseng ini sangat tinggi.

Terlebih lagi, lumayan banyak produsen teknologi besar yang bermarkas di Korea Selatan. Sebut saja LG, Pantech atau Samsung yang dikenal sebagai produsen ponsel terbesar sejagat.

Korsel juga punya koneksi internet sangat cepat. Dan sering dinobatkan sebagai negara dengan akses internet paling ngebut di dunia.

7. Indonesia

Indonesian Smartphone User

- Pengguna smartphone: 9% dari total pengguna ponsel
- Total pengguna smartphone: 27 juta

Meledaknya populasi kelas menengah di Indonesia dan semakin meningkatnya pendapatan per kapita, membuat adopsi smartphone semakin meningkat di Tanah Air. Terlebih, ponsel menjadi sarana utama dalam mengakses internet.

Menurut data, 87% orang Indonesia memposting Twitter melalui ponsel. Yang menjadi gambaran ponsel lebih banyak digunakan dalam mengakses internet ketimbang komputer PC.

BlackBerry masih menjadi merek smartphone terpopuler. Namun perlahan tapi pasti, smartphone Android yang dimotori nama besar seperti Samsung, Sony, LG dan HTC semakin populer.

Sebenernya sekarang Indonesia sudah lumayan banyak yang menggunakan Smartphone, karena kita salah satu konsumen terbesar dalam segi Handphone. Semoga Indonesia bisa membuat Handphone sendiri agar tidak menjadi konsumen saja tetapi harus menjadi produsen.

8. Spanyol

Spain Smartphone User

- Pengguna smartphone: 30% dari total pengguna ponsel
- Total pengguna smartphone: 18 juta

Penetrasi pengguna smartphone di Spanyol kabarnya adalah yang tertinggi di Eropa. Meski kesulitan ekonomi tengah menghantui negara ini, pembelian smartphone tampaknya tetap tinggi.

Spanyol juga menjadi tempat salah satu pameran teknologi terbesar di dunia. Yaitu perhelatan Mobile World Congress (MWC).

MWC biasa diadakan setiap tahun di kota Barcelona. Di sini, para vendor ponsel besar biasanya memamerkan produk dan teknologi terbarunya.

9. Meksiko

Mexico Smartphone User

- Pengguna smartphone: 12% dari total pengguna ponsel
- Total pengguna smartphone: 15 juta

Negara tetangga Amerika Serikat ini semakin hari semakin tinggi adopsi smartphonenya. Namun ada beberapa karakteristik unik soal pengguna ponsel cerdas di sana.

Survei yang dilakukan oleh Google menyebutkan hampir 90% pengguna smartphone di Meksiko menggunakannya untuk mengakses internet dari rumah. Persentase terbesar kedua adalah dari tempat kerja.

Selain itu, lumayan banyak pengguna ponsel cerdas di Meksiko yang tidak mau membayar biaya langganan operator karena dirasa kemahalan. Jadi, mereka memilih menggunakan jaringan WiFi.

10. Filipina

Philipine Smartphone User

- Pengguna smartphone: 12% dari total pengguna ponsel
- Total pengguna smartphone: 15 juta

Menurut media teknologi ZDNet, Filipina adalah negara di Asia Tenggara dengan tingkat pertumbuhan pasar smartphone tertinggi. Konsumen di sana menghabiskan total USD 8,75 miliar untuk membeli handset.

Biro riset Gfk Asia menyatakan bahwa pertumbuhan pesat pasar smartphone di Filipina dipicu semakin murahnya harga ponsel cerdas.

Di mana smartphone terlaris berada dalam rentang harga USD 100-200. Sedangkan feature phone juga masih cukup laris dengan tingkat pertumbuhan 12%.

11. Rusia

Russian Smartphone User

- Pengguna smartphone: 9% dari total pengguna ponsel
- Total pengguna smartphone: 9 juta

Rusia semakin menjadi pasar yang penting bagi para vendor ponsel. Dengan penduduk di atas seratus juta dan penetrasi smartphone yang terhitung masih belum begitu besar, peluang masih sangat terbuka.

Menurut data dari biro riset IDC, Nokia masih menguasai pasar smartphone Rusia dengan market share sebesar 48%. Diikuti oleh Samsung dan kemudian HTC.

Di sisi lain, Rusia juga menjadi salah satu dari sedikit negara di mana jejaring sosial terpopuler bukanlah Facebook. Melainkan pemain lokal bernama VK.com.

12. Polandia

Poland Smartphone User

- Pengguna smartphone: 16% dari total pengguna ponsel
- Total pengguna smartphone: 9 juta

Menurut klaim WP7.com. negara yang penduduknya paling banyak menggunakan Windows Phone adalah Polandia. Dengan 16,3% dari semua pengguna smartphone memiliki perangkat Windows Phone.

Salah satu alasannya adalah warga Polandia memang senang dengan ponsel buatan Nokia sejak zaman dulu. Saat ini, Windows Phone terlaris di sana adalah Nokia Lumia 610.

Nokia sendiri menyadari pentingnya pasar Polandia. Sehingga mereka menyediakan budget marketing yang lumayan besar untuk negara di Eropa Timur ini.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment