13 Hal yang Bakal Ada Waktu Puasa

Ngga terasa besok udah mulai Puasa atau ada yang udah mulai Puasa sekarang? Dengan postingan yang satu ini, gw mau bilang Mohon Maaf Lahir dan Batin mungkin dalam postingan gw ini banyak artikel yang ngga senonoh atau merugikan pihak lain 0:)

Berikut penjelasannya :

1. Bangunin Orang Sahur

Bangunin Orang Sahur
sahur.. sahurr..!!

Kalo yang satu ini pasti mayoritas ada di daerah-daerah perumahan. Kayak udah jadi habit aja gitu bangunin orang sahur, entah iseng atau emang niat buat banguning orang puasa. Dulu pas kecil gw juga pernah kayak gitu soalnya, dengan tujuan cuma ikut ikutan sama temen. Ya emang udah jadi tradisi kali ya ngebangunin orang sahur rame-rame pake bedug, dan alat-alat yang bisa bikin suara berisik.

2. Sahur On The Road (SOTR)

Sahur On The Road (SOTR)

Waktu kecil pertama kali denger istilah ini, yang ada di pikiran ane itu sahur tapi kita makannya di tengah jalan, soalnya kalo jam-jam sahur pasti jalanan rada sepi tuh. Dan yang melakukan hal ini adalah adrenaline junkie. Ternyata ane salah, sahur on the road itu kegiatan yang dilakukan kelompok, komunitas, atau mahasiswa dengan cara bagi-bagi makanan buat orang-orang yang kurang mampu yang mereka temui di jalan. Ya semacem baksos gitu deh.

3. Petasan


Benda ini tersedia dalam berbagai macem ukuran, dari ukuran cabe sampe jumbo. Dan biasanya di bulan puasa bakalan banyak banget yang jualan. Kebanyakan yang beli sih bocah, tapi ane pernah liat ada juga bapak2 yang beli banyak. Bahkan suatu saat pernah liat polisi ikutan beli. Benda ini biasanya mulai ramai dibunyikan di waktu: abis sholat subuh, abis pulang sekolah, sore-sore sebelum buka puasa. Kamupun mungkin pernah mendengar nasehat "daripada beli petasan mending beliin makanan nak". Si anak nakal pun menjawab " lah kita kan lagi puasa, masa mau makan". Yaaaa mau gimana lagi namanya juga anak-anak, nanti kalo udah kena baru dia sadar.

4. Iklan Menggoda

Iklan Menggoda

Suasana siang itu sangat panas, gerah, dan membuat keringet kamu bercucuran. Tiba-tiba di tv ada ibu ibu nuangin sirup ke dalam wadah besar yang ada esnya, ditambah buah-buahan yang udah dipotong kecil-kecil, diaduk, kemudian dituang ke gelas. Seketika kamu pun mendadak haus dan cuma bisa bengong. Mungkin iklan iklan penggoda orang puasa itu sengaja sering ditayangin supaya iman dan niat puasa kita semakin kuat. Gak tau juga sih.

5. Lagu Religi

Band Religi

Kalo udah dateng yang namanya bulan puasa, udah pasti bakalan banyak musisi di indonesia yang bikin lagu-lagu bertema religius. Mau itu band melayu, band rock, ataupun penyanyi dangdut. Tujuannya ya cuma satu, dapet keuntungan dari bulan ramadhan. Atau mungkin berharap bisa bikin pendengarnya tobat juga kali.

6. Artis Menutup Aurat

Jupe

Bulan puasa adalah ajang bagi para artis khususnya yang cewek untuk berlomba lomba terlihat lebih islami dengan pake jilbab. Kalo itu sebagai kesadaran sebagai seorang muslim sih bagus. Tapi yang ada selama ini, bulan puasa doang mereka menutup aurat, abis lebaran ya dicopot lagi. Yah, walaupun ada beberapa artis yang juga sadar beneran.

7. Sinetron Ramadhan

Sinetron Ramadhan

Udah jadi tradisi kalo tiap stasiun tv bakal punya sinetron ramadhan andalan. Jadi biasanya sinetron ramadhan itu durasinya cuma sebulan aja, bulan puasa selesai ya sinetronnya tamat. Tapi justru kayaknya bakalan lebih susah bikin sinetron singkat, soalnya di Indonesia udah kebiasaan sinetron itu pasti panjang dan pasti ada sekuelnya.

8. Macet Parah Menjelang Buka

Macet

Biasanya kalo di bulan puasa itu banyak jam pulang kantor yang emang sengaja dibikin lebih awal. Dengan tujuan supaya bisa pada buka puasa di rumah. Nah karena pada pulang awal semua ya bisa ditebak hasilnya, jalanan penuh dan macet. Niatnya mau buka puasa di rumah, eh malah buka di jalan dengan makanan yang dijual seadanya.

9. Ngabuburit

Ngabuburit

Sungguh masih misterius siapa penemu istilah ngabuburit ini. Mungkin kalo di terjemahkan ke bahasa Indonesia artinya kurang lebih suatu kegiatan yang dilakukan seorang atau sekelompok orang untuk menunggu waktu beduk (buka puasa). Kegiatan ini bisa dilakukan dengan macem macem cara, bisa ngaskus, cuma nongkrong aja, maen game, maen monopoli, olahraga sore, dan masih banyak yang laennya.

10. Takjil

Takjil

Takjil adalah makanan yang dibagiin gratis untuk berbuka. Hampir setiap masjid pasti membagikannya. Dan kalo masjid itu rame setiap sholat magrib itu mengindikasikan kalo takjil di masjid itu enak, kalo ga ya banyak. Kalo temen kuliah ane yang dulu ngekos sering banget buka puasa gratis dengan cara mencoba takjil di semua masjid yang ada di sekitar kampus, tiap hari dia gonta ganti masjid.

11. Kolak

Kolak

Kolak ini termasuk minuman yang jarang bisa ditemuin selain pas bulan puasa, dan ane ga tau kenapa. Padahal ya ga ada yang ngelarang juga kan kalo kita bikin kolak selain bulan puasa. Ah sudahlah, pokoknya kolak ini cocok banget buat buka. Karena ada yang bilang berbukalah dengan yang manis, dan kolak itu manis.

12. Buka Bersama

Buka Bersama

Kegiatan ini biasanya menjadi kegiatan favorit pas bulan puasa. Selain buat ajang kumpul bareng temen atau komunitas, buka bersama juga kadang dipake buat ajang reunian. Abis bukber biasanya juga bakal dilanjut acara-acara laen yang ga kalah seru. Buat para jomblo bukber juga bisa menjadi salah satu sarana mendekati gebetan atau nyari cewek cakep. Sesungguhnya akan lebih baik kalo acara buka bersama itu bareng anak yatim piatu. Pastinya bakalan lebih manfaat.

13. Tarawih

Tarawih

Cuma di bulan puasa aja ibadah sunah sama pahalanya dengan ibadah wajib. Salah satunya sholat tarawih. Biasanya pas sholat tarawih ini kamu akan sadar ternyata ada cewek cantik atau cowok ganteng di komplek rumah kamu, cuman dia jarang keliatan. Tapi dari tahun ke tahun sholat tarawih nasibnya selalu sama, 1 hari akan berkurang 1 shaf. Jadi awal puasa doang ramenya, menjelang akhir yah paling banyak sisa 5 shaf.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment