6 Fenomena Alam yang Aneh dan Langka

6 Fenomena Alam yang Aneh dan Langka - Beberapa waktu terakhir banyak kejadian alam yang aneh terjadi, baik terjadi di darat, laut ataupun di langit. Dan beberapa di antara kejadian tersebut tergolong fenomena alam yang aneh dan langka, serta menakjubkan.

Berikut 6 fenomena alam yang aneh dan langka di bawah ini.

1. Ombak Beku di Rumania

Ombak Beku

Ombak membeku di Constanta, Rumania yang merupakan peristiwa yang biasa jika sungai atau danau tertutup es saat musim salju tiba. Namun kali ini air laut lah yang membeku. Air laut di Constanta merupakan campuran air asin dan air tawar, serta karena temperatur di sana sangat rendah, maka kondisi itulah yang memicu pembekuan air laut tersebut.

Ombak-ombak laut yang membeku tersebut menciptakan pemandangan seperti benda yang dibentuk dan tampak luar biasa.

2. Bumi Terbelah di Afrika

Bumi Terbelah

Ditahun 2005 dialog dari Addis Ababa University, yaitu Degree Ayello dan timnya pernah mencoba menginjakkan kakidi dataran gurun Afar di Ethiopia. Namun mereka langsung terkejut saat bumi yang mereka pijak berguncang dan terbelah, lalu retakan tanah membuka dengan cepat. Para peneliti itu kemudian tersadar bahwa mereka telah menjadi saksi hidup sebuah sejarah dimana untuk pertama kalinya manusia dapat menyaksikan tahap awal lahirnya sebuah samudra. Anehnya retakan yang terjadi di kawasan seluas 900 kilometer itu terus memanjang serta semakin melebar mencapai 8 meter dalam 10 hari.

Padahal normalnya dibutuhkan waktu sekitar 230 tahun agar retakan dapat mencapai lebar 8 meter. Selain itu, dalam beberapa bulan saja telah muncul ratusan celah yang memisahkan dasar gurun. Disaat yang sama ilmuwan lain mendapati kenaikan ketinggian magma dari dalam bumi semakin mendekati permukaan tanah. Magma inilah yang akan membentuk basal yang menjadi dasar samudra. Dan kemudian air dari laut merah akan memenuhi kawasan yang turun tersebut, maka samudra barulah akan lahir memecah benua afrika.

Segitiga Afar yang memotong Ethiopia, Eritrea, dan Djibouti memang merupakan retakan terbesar di bumi yang di bawahnya terdapat lempeng-lempeng Afrika dan Arab yang ternyata kini semakin menjauh dengan kecepatan 1-2 cm per tahun. Ketika kedua lempeng bergerak menjauh, tanah di atasnya akan anjlok dan menyediakan ruang untuk menampung air dari laut merah.

3. Hamparan Pasir di Tengah Laut Pasifik Selatan

Hamparan Pasir

Fenomena alam yang terjadi di laut Pasifik Selatan begitu sangat mencengangkan. Hamparan pasir yang mengambang di tengah laut tersebut ditemukan oleh Maiken, seseorang yang sedang melakukan perjalanannya di laut pasifik selatan.

Dari kejauhan, Maiken melihat peristiwa aneh tersebut dan saat didekati ternyata fenomena yang dikiranya pantai itu adalah hamparan pasir yang mengambang. Dan yang lebih aneh lagi, kumpulan pasir mengambang itu bergerak, artinya lokasi itu bukanlah daratan berpasir karena pasir pastilah tenggelam.

Pasir-pasir aneh tersebut memiliki berat jenis yang lebih ringan dari air. dalam fenomena ini pernah ada dugaan bahwa hamparan pasir mengambang yang kemungkinan merupakan batu-batuan vulkanik tersebut berasal dari semburan gunung api yang ada di tengah laut pasifik selatan yang saat itu puncaknya sedang mengepul asap.

4. Awan Tsunami Raksasa di Alabama

Awan Tsunami

Fenomena berikutnya terjadi di Alabama, Amerika Serikat. kota Birmingham bagai dikepung awan berbentuk gelombang tsunami yang bergulung-gulung. Menurut para pakar, gelombang yang dinamakan gelombang "Kelvin Helmholtz" itu dapat terjadi di langit atau di samudra. Jenis turbulensi ini selalu terbentuk ketika lapisan atau cairan melucur cepat di atas lapisan tebal yang bergerak lebih lambat sehingga menyeret permukaannya.

Menurut Chris Walcek, ahli meteorologi di Atmospheric Sciences Research Center dari State University of New York di Albany, angin yang bergerak cepat di langit dapat menyeret puncak awan tebal yang bergerak lambat di bawahnya dengan cara yang sama. Kemungkinan lain penyebab fenomena ini karena di atas lapisan awan dingin yang bergerak lambat itu adalah lapisan udara hangat yang bergerak lebih cepat.

5. Hujan Meteor Quads di Indonesia

Hujan Meteor Quads

Pembuka bulan Januari 2012, bumi kita mendapat sambutan pertama dari alam yakni hujan meteor. fenomena alam yang terjadi mulai tanggal 1-5 Januari silam ini dapat dilihat diseluruh wilayah di Indonesia. Menurut peneliti utama Astronomi dan Astrofisika, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional yaitu Thomas Jamaludin pada sebuah media massa hujan meteor teraktif yang terjadi setiap tahun ini dikarenakan debu komet dan termasuk hujan meteor yang kuat dengan 1 hungga 2 meteor permenitnya.

Selain di Indonesia, masyarakat di Amerika Utara juga bisa melihat hujan meteor yang diperkirakan mencapai 100 meteor permenitnya ini.

6. Air Laut Pantai Sumatera Surut 4 Kilometer

Air Laut Pantai Sumatera Surut

Fenomena aneh dan langka yang terjadi di Indonesia, tepatnya di Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Kejadian aneh ayng terjadi yakni fenomena air laut sepanjang pinggir pantai Kabupaten Deli Serdang dan Serdang Bedagai surut hingga sepanjang 4 kilometer dari batas bibir pantai.

Hal itu menyebabkan ratusan perahu nelayan kandas, sejumlah nelayan memacakkan perahunya ditengah laut dan membawa hasil tangkapan ikannya dengan berjalan kaki sepanjang 4 kilometer menuju pinggir pantai. Selain itu sebagian warga memberanikan diri untuk mengutik ikan yang ada di pesisir pantai karena keruhnya air laut. Menurut warga setempat, kejadian aneh ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
13 February 2014 at 04:47 ×

wah luar biasa sekali sungguh tidak terkira oleh kita

Balas
avatar
admin
13 February 2014 at 04:48 ×

wah sungguh tidak terkira oleh kita

Balas
avatar
admin
2 June 2014 at 16:54 ×

Keren,,, memang sebenarnya yang paling memberikan keindahan yang terbaik adalah alam.
salam: http://blogku-al.blogspot.com/

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment