Ada 11 Sistem Busway (BRT) di 11 Kota Indonesia

Transjakarta

Untuk warga Jakarta, siapa yang gak kenal moda transportasi modern yang satu ini. Di tengah padatnya lalu-lintas kota, ada beberapa 'raja jalanan' yang melenggang bebas melewati arus kemacetan. Ya, BUSWAY, atau nama kerennya BUS RAPID TRANSID a.k.a. BRT, adalah salah satu terobosan dalam mengurangi angka kemacetan ibukota. Walaupun, dirasa masih kurang dampaknya, namun bus yang satu ini sampai sekarang masih menjadi kebanggaan warga Jakarta.

Nah, setelah sukses melenggang di ibukota, moda transportasi massal yang satu ini mulai menjadi trend di beberapa kota besar di Indonesia. Banyak kota yang mulai meniru terobosan BRT, dengan mulai mengoperasikan sistem tersebut untuk melayani masyarakat di kota tersebut. Emang, busway di Indonesia ada di mana aja ? Jadi pengin nyobain satu-satu

1). Trans Jakarta BRT - JAKARTA

Transjakarta

Peta Jalur Transjakarta

Transjakarta atau umum disebut Busway adalah sebuah sistem transportasi bus cepat atau Bus Rapid Transit di Jakarta, Indonesia. Sistem ini dimodelkan berdasarkan sistem TransMilenio yang sukses di Bogota, Kolombia. Perencanaan Busway telah dimulai sejak tahun 1997 oleh konsultan dari Inggris. Pada waktu itu direncanakan bus berjalan berlawanan dengan arus lalu-lintas (contra flow) supaya jalur tidak diserobot kendaraan lain, namun dibatalkan dengan pertimbangan keselamatan lalu-lintas. Meskipun Busway di Jakarta meniru negara lain (Kolombia, Jepang, Australia), namun Jakarta memiliki jalur yang terpanjang dan terbanyak. Sehingga kalau dulu orang selalu melihat ke Bogota, sekarang Jakarta sebagai contoh yang perlu dipelajari masalah dan cara penanggulangannya.

Saat ini Transjakarta sudah memiliki 12 Koridor dari 15 Koridor yg direncanakan.. Untuk tiket TransJ sudah ada kartu berlangganan E-ticket bekerja sama dengan 5 Bank dgn sistem potong saldo dan tinggal Tap di E-gate yg tersedia.. Kedepannya kartu ini akan digabungkan dengan moda KRL, Monorail (2016) , MRT (2018) dan kopaja/Metromini. 

2). Trans Jogja BRT - YOGYAKARTA

Trans Jogja 1

Trans Jogja 2

Rute Trans Jogja

Trans Jogja adalah sebuah sistem transportasi bus cepat, murah dan ber-AC di seputar Kota Yogyakarta, Indonesia. Trans Jogja merupakan salah satu bagian dari program penerapan Bus Rapid Transit (BRT) yang dicanangkan Departemen Perhubungan. Sistem ini mulai dioperasikan pada awal bulan Maret 2008 oleh Dinas Perhubungan, Pemerintah Provinsi DIY. Motto pelayanannya adalah "Aman, Nyaman, Andal, Terjangkau, dan Ramah lingkungan".

Sistem yang menggunakan bus (berukuran sedang) ini menerapkan sistem tertutup, dalam arti penumpang tidak dapat memasuki bus tanpa melewati gerbang pemeriksaan, seperti juga TransJakarta. Selain itu, diterapkan sistem pembayaran yang berbeda-beda: sekali jalan, tiket berlangganan pelajar, dan tiket berlangganan umum. Ada tiga macam tiket yang dapat dibeli oleh penumpang, yaitu tiket sekali jalan (single trip), dan tiket umum berlangganan. Tiket ini berbeda dengan karcis bus biasa karena merupakan kartu pintar (smart card). Karcis akan diperiksa secara otomatis melalui suatu mesin yang akan membuka pintu secara otomatis. Penumpang dapat berganti bus tanpa harus membayar biaya tambahan, asalkan masih dalam satu tujuan.

Pengelola Trans Jogja adalah PT Jogja Tugu Trans, sebagai wujud konsorsium empat koperasi pengelola transportasi umum kota dan pedesaan di Yogya (Koperasi Pemuda Sleman, Kopata, Aspada, dan Puskopkar) dan Perum DAMRI.

3). Trans Batik Solo BRT (BST) - SURAKARTA

Trans Solo

Rute Trans Solo

Batik Solo Trans merupakan BRT yang ada di Surakarta. Sebelum BST beroperasi adalah bus Damri A. Semenjak BST beroperasi bus Damri (jalur A) dipindah ke jalur B dan BST beroperasi di jalur A. Bus BST melayani jurusan Berangkat dari Palur - Jurug - UNS - RS Muwardi - Pasar Gede - Gladak - Kustati - Gading - Sraten - Jamsaren - Tipes - Bayangkara - Baron - Gendengan - Purwosari - Kleco - Pabelan - Kartosuro. Kembali Kartosuro - Pabelan - Kleco - Purwosari - RS Kasih Ibu - Gendengan - SGM - Sriwedari - Nonongan - LP - Gladak - Balai Kota - Pasar Gede - RS Muwardi - UNS - Jurug - Palur. Rencananya bus ini akan menggunakan kartu pintar untuk membayar ongkos bus, namun sementara ini masih memakai karcis yang langsung dilayani oleh kondektur. Saat ini jumlah halte BST ada 35 rencananya 51 halte. Untuk umum RP.3000,- dan pelajar RP.1500,-. Saat ini Batik Solo Trans juga melayani penumpang hingga Bandara Adi Sumarmo.

4). Trans Semarang BRT - SEMARANG

Trans Semarang 1

Trans Semarang 2

Trans Semarang adalah sebuah layanan angkutan massal yang meniru TransJakarta. Saat ini Trans Semarang telah membuka 1 Koridor, yaitu Koridor 1 jurusan Mangkang - Penggaron. Trans Semarang pernah diujicobakan pada 2 Mei 2009, bertepatan dengan hari jadi kota Semarang. Setelah ujicoba itu kabar peluncuran Trans Semarang tak pernah terdengar lagi. Setelah sekian lama tak terdengar, akhirnya Trans Semarang diluncurkan pada tanggal 18 September.
Nambah : sekarang ada 2 koridor ! Mantab ! 

5). Trans Sarbagita BRT - DENPASAR DAN SEKITARNYA

Trans Denpasar 1

Trans Denpasar 2

Trans Sarbagita ternyata merupakan salah satu bagian dari kajian cukup lama, yakni di tahun 1998, dan tertuang dalam Bali Urban Infrastructure Program (BUIP) yang merekomendasikan adanya sistem transportasi terintegrasi sebagai sarana pendukung perkotaan di Bali. Kajian tersebut lantas berhenti sebatas proyek percontohan karena Bali saat itu dinilai belum terlalu macet.

Masyarakat cenderung masih memilih transportasi pribadi karena halte Trans Sarbagita yang telah dibangun di beberapa titik pinggir kota dianggap terlalu jauh dari tempat kerja ataupun lokasi tujuan mereka. Adanya trayek angkutan pengumpan (feeder) akan sangat berguna untuk menggerakkan penumpang dari rumah masing-masing menuju halte, dan sebaliknya, dari halte menuju lokasi kerja. Menjawab kebutuhan itu, pemerintah memang telah merencanakan trayek feeder ini secara bertahap dengan memadukan angkutan kota yang disubsidi khusus dan rencananya akan dimulai di 2012 nanti dengan prosedur yang sama dengan sistem Trans Sarbagita, yaitu tetap mengantarkan penumpang setiap 15 menitnya tanpa perlu menunggu muatan penuh.

6). Trans Metro Bandung BRT - BANDUNG

Trans Bandung 1

Trans Bandung 2

Katanya ini Busway yang gagal bro.. Karena udah ga dirawat dan udah usang haltenya.. Sayang banget ya bro.. Kan Bandung blm pnya transportasi massal malah ga dirawat..

Trans Metro Bandung adalah bus rapid transit di kota Bandung yang diresmikan pada tanggal 22 Desember 2008. Trans Metro Bandung telah mengoperasikan koridor pertama yaitu koridor Cibeureum - Cibiru sejauh 16 km. Terdapat 16 halte di jalur Trans Metro Bandung. Bus koridor I ini hanya melewati Jalan By Pass Soekarno Hatta. Bus ini juga diharapkan akan mengurangi jumlah angkot dan solusi kemacetan di Kota Bandung. TMB ini menjadi proyek patungan antara pemerintah kota Bandung dengan Perum II DAMRI Bandung dalam memberikan layanan transportasi massal dengan harga murah, fasilitas dan kenyamanan yang terjamin serta tepat waktu ke tujuan.

7). Trans Pakuan BRT - BOGOR

Trans Pakuan 1

Trans Pakuan 2

Bus Trans Pakuan adalah bus rapid transit di kota Bogor yang diresmikan pada tanggal 3 Juni 2007 melayani koridor Baranangsiang-Terminal Bubulak sejauh 14 Km dalam waktu kurang lebih 45 menit,terdapat sekitar 16 halte di jalur ini, tarifnya adalah Rp 3000 ,sejak kenaikan BBM. Bus kota ini sangat mirip dengan Trans Jakarta, hanya berhenti di halte-halte saja. Yang membedakan hanyalah bus ini tidak menggunakan jalur khusus dan menggunakan Bus jenis 3/4. Bus ini juga diharapkan akan mengurangi jumlah angkot dan solusi kemacetan di kota bogor ,jalur trayek ini juga direncanakan diperpanjang hingga ciawi dan direncanakan juga pembuatan koridor baru yaitu Terminal Bubulak-Terminal Tanah Baru (sedang direncanakan) dan semenjak awal November halte utama bus ini dipindahkan dari Poll Bus menuju Cidanghiang,sekitar 50 meter dari terminal bus Baranangsiang.

8). Trans Bandar Lampung BRT - BANDAR LAMPUNG

Trans Bandar Lampung 1

Trans Bandar Lampung 2

Bus Rapid Trans (BRT) yang kini mulai dilirik oleh berbagai kota untuk dijadikan sebagai moda transportasi terpadu yang lebih modern, dengan tujuan menciptakan transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat. Diawali dengan Trans Jakarta yang dimiliki oleh Ibu Kota, kini BRT telah dikembangkan oleh kota-kota lain, salah satunya Bandar Lampung.

Selama 4 hari yaitu 14-17 November 2011 akhirnya moda transportasi ini di uji cobakan di kota ini. Kini masyarakat bandar lampung akan menikmati moda transportasi yang lebih modern ini dalam 7 koridor. Untuk tahap awal ini akan dijalnkan 2 koridor. Semoga dapat benar-benar menjadi transportasi yang aman dan nyaman, juga tentunya mengurangi kemacetan yang ada di kota ini. 

9). Trans Musi BRT - PALEMBANG

Trans Musi 1

Trans Musi 2

Transmusi Palembang Bro..
Armada sekarang : 120 unit
Yang gresss ini nih, ada 20 unit bus besar + 10 bus medium..
Bakal dipakai untuk transportasi ajang ISG september ini.
Mesin dan chassis Mercedes OH1521..

Armada baru: 
Trans Musi New Armada

Pada awal tahun 2010 rute angkutan kota dan bus kota di beberapa bagian kota akan digantikan oleh kendaraan umum baru berupa bus Trans Musi yang serupa dengan bus Trans Jakarta di Jakarta. Hal ini akan terus dilakukan secara bertahap di bagian kota lainnya dengan tujuan untuk mengurangi jumlah kendaraan umum di Palembang yang semakin banyak dan tidak terkendali jumlahnya serta mengurangi kemacetan karena kendaraan ini memiliki jalur laju khusus yang terpisah dari kendaraan lainnya.

10). Trans Metro Pekanbaru BRT - PEKANBARU

Trans Pekanbaru 1

Trans Pekanbaru 2

Nih penampakan trayek TMP a.k.a Trans Metro Pekanbaru brow..

Trayek Trans Pekanbaru

Trans Metro Pekanbaru adalah sarana angkutan umum massal di kota Pekanbaru, merupakan solusi untuk mengatasi kemacetan secara bertahap dan terprogram bagi masyarakat. Pada awal operasional Bis Trans Metro Pekanbaru mendapat bantuan dari Kementrian Perhubungan berjumlah 20 unit untuk 2 koridor pertama.

Bis TRANS METRO PEKANBARU menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan sehingga bisa mengurangi tingginya polusi, berkapasitas 33 penumpang duduk dan 32 penumpang berdiri serta dilengkapi AC, informasi tempat pemberhentian halte secara elektronik dan juga mengutamakan keamanan dan kenyamanan penumpang. Setiap 10 menit sekali bis TRANS METRO PEKANBARU berhenti di tiap-tiap halte dan tidak harus menunggu penumpang penuh, karena sopirnya digaji bulanan tetap, bukan harus mengejar setoran untuk mendapatkan gaji seperti yang terjadi pada bus-bus kota pada umumnya. Itulah kelebihan bis TRANS METRO PEKANBARU jika dibandingkan dengan angkutan umum lainnya.

11). Trans Kawanua BRT - MANADO

Trans Kawanua 1

Trans Kawanua 2

Tahun 2012 ini, Perusahan Umum (Perum) Damri siap mengelola Bus Rapid Transit (BRT) atau Bus Trans Kawanua (BTK) di Kota Manado. Demikian dikatakan Walikota Manado GS Vicky Lumentut, mengingat Pemkot Manado tidak memiliki pengalaman yang cukup untuk mengelola angkutan massal tersebut. Lanjut dikatakan Walikota, hingga saat ini BRT tidak dimaksimalkan sebagaimana mestinya. Jadi terkesan hanya dipinjam pakaikan kepada warga kota. Padahal bantuan pemerintah pusat itu sangat perlu dimanfaatkan, untuk memberikan kontribusi bagi daerah.

Rencananya, masih banyak kota-kota lain di Indonesia yang akan mengoperasikan sistem BRT seperti ini, seperti Padang, Surabaya(katanya ga jadi bro, bakal diganti monorail sama trem) , Medan, Makassar, dan Ambon, yang sudah semakin matang untuk merealisasikannya. Ditunggu aja, yah .....

Previous
Next Post »
Thanks for your comment