Lazada Indonesia

Tips Hidup Hemat ala Mahasiswa Anak Kost


Menjadi Mahasiswa adalah pilihan.Pilihan untuk melanjutkan perjuangan mendapatkan cita-cita.Tapi perlu di ingat bro, menjadi mahasiswa terutama mahasiswa yang biayanya pas2an perlu kerja keras ekstra biar kuliah kita trus berlanjut.Ibarat seorang ibu rumah tangga “Meski pendapatan minim dapur harus tetap mengepul”. Mari Disimak bro Tips Buat bro-bro yang akan atau sedang menjadi mahasiswa

Tips Cara Hemat Ala Mahasiswa Kost :

1.Pilih Kostan Yang Murah
Ini sangat menentukan nasib uang-uang dalam dompet kita, kalo salah-salah pilih tempat kost maka agar bernasib tidak baik untuk hemat kita selama kuliah. Oiya, pilih juga teman kost yang baik dan dermawan. Karena apa? Mereka akan berbaik hati untuk selalu berbagi makanan. Ibu kost juga diperhatikan, harus jeli dalam memilih ibu kost yang minimal setiap beberapa hari berbagi makanan. Itu lumayan mengirit jatah makan kita loh.

Tapi kalo kamu laki-laki lebih baik tiggal di mesjid kampus atau sekre UKM dan ORMAWA kampus, selain lebih efisien juga akan terjamin nilai gizi perutmu. Itu menurut pengamatan saya di kampus hehehehe,apalagi di mesjid Insya Allah kamu akan lebih dekat dengan-Nya. Sekalian perbaiki diri juga mas bro!.

2.Masak Nasi Sendiri
Dan ini salah satu faktor yang berpengaruh besar dalam misi hemat kita, coba bayangkan.
1 hari = 3 x makan
Kalo beli : 1 x makan = 2000 (harga nasi) x 3 = 6000/hari
6000 x 30 = 120.000/bulan
Tuh kan lumayan, kalo masak sendiri paling modal beras aja. Apalagi kalo yang dirumahnya punya sawah, kita bekal beras untuk sebulan aja hemat. Dan keuntungannya masak nasi sendiri juga supaya sekalian bisa belajar jadi ibu rumah tangga. 

3.Only Me!
Maksudnya, belajar mandiri. Kita uda mahasiswa, masa nyuci masih ke loundry? Itu salah salah satunya ya. Pastiah sesibuk-sibuknya mahasiswa pasti ada waktu buat nyuci. Atau ketika kita akan mengeprint tugas, kita bisa print di teman yang memiliki printer, jadi kita bisa menghemat pengeluaran dengan mengprint tugas dengan harga lebih murah atau mungkin geratis 

4.Sedia Mie Instan
Ya jaga-jaga aja, kalo kita uangnya emang bener-bener ga ada udah berusaha hemat tetep ga bisa ya untuk tanggal tua makannya mie instan aja.

5. Aktif di Kampus
Kenapa ? biasa kalo kita aktif di beberapa UKM atau organisasi pintu rezeki akan terbuka lebar dan hemat pun bisa berjalan. Seperti ketika di UKM A kumpul pasti pada bawa makanan, dan senior selalu menyempatkan mentraktir nah disana kita bisa berbaikan gizi. Hari selanjutnya misalkan ada UKM B kumpul untuk menghadiri seminar nah kita ikut aja, pasti disana akan ada makanan gertais, lumayan kan. Intinya, kita aktif pasti akan ada saja rezekinya Allah itu membuka pintu rezeki asal kita berusaha dan berdoa tentunya. Tapi tetap tujuan kita adalah bermanfaat untuk orang lain, sisanya adalah bonus hehe.

6. Berwirausaha
Nah ini yang menjadi favorit banyak mahasiswa, berjualan dikelas seperti keripik atau produk handmate. Selain kita bisa dapat penghasilan tambahan bisa juga belajar berwirausaha.

7. Aktif di Masyarakat sekitar Kostan
Nah, disini selain kita melatih sosialisasi kita juga sebagai ajang memperlancar berhemat kita. Misalnya ketika ada tetangga di sekitaran kostan yang lagi syukuran kita datang, atau ketika ada pengajian di mesjid ikutan, dan ada yang tahlilan kita datang. Nah selain perut terisi karena pasti ada makanan disana, kita juga belajar bermanfaat untuk orang lain. Tapi tetep luruskan niat kita untuk ikhlas bermanfaat.

8. Menyimpan uang Di Bank
Ini saran dari senior saya juga nih, kita nabung di Bank tetapi tidak di simpan di ATM juga. Jadi ketika kita akan mengambil uang itu harus ke Bank langsung. Dan fikiran mahasiswa yang sibuk pasti tidak akan sering ke bank hanya sekedar ngambil uang goceng kan.

9. Banyak Beristigfar
Ini penting, karena hasrat kita boros pasti akan selalu ada dalam godaan syaiton. Untuk menghindari dan menjaga hasrat boros itu kita banyak-banyaklah beristigfar. Insya Allah.

10. Rajin Puasa Sunnah
Sudah jelas, dengan puasa selain kita mendapat pahaa dan terhindar dari nafsu yang berlebih kita juga bisa berhemat. Karena selama puasa kita bisa menekan uang pengeluaran untuk makan. Tapi tetep dijaga aga kita tidak membeli makanan yang berlebih untuk buka nanti.

11.Pesan Pengingat
Maksudnya usahakan adakan pesan pengingat agar kita berhemat. Seperti catatan kecil “Ingat Isnaeni, hemat, hemat” yang ditempel disetiap sudut kostan seperti cermin, pintu, lemari. Atau pada bagraund laptop, walpapper HP, Cacatatan di binder kuliahmu, yang pasti dimanapun agar kamu diingatkan berhemat.

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
14 August 2013 at 11:57 ×

mantap nih.. [-(

Selamat Unknown dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment