Macam-Macam Jenis Naga di Dunia

Naga adalah sebutan umum untuk makhluk mitologi yang berwujud reptil berukuran raksasa. Makhluk ini muncul dalam berbagai kebudayaan. Pada umumnya berwujud seekor ular besar, namun ada pula yang menggambarkannya sebagai kadal bersayap.

Beberapa Jenis Naga Di Dunia :

Naga China
Dalam tradisi Cina juga terdapat makhluk bernama Liong atau Lung yang umumnya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan istilah naga. Makhluk ini digambarkan sebagai ular berukuran raksasa, lengkap dengan tanduk, sungut, dan empat cakar, sehingga berbeda dengan naga versi India. Naga China adalah makhluk mitos China yang juga muncul dalam budaya asia lainnya, dan kadang-kadang disebut naga timur. Naga telah lama menjadi simbol potensial kekuasaan kebaikan dalam cerita rakyat cina dan seni. Jenis naga ini kadang-kadang digambarkan sebagai makhluk yang dibangun dari banyak bagian hewan. Mungkin memiliki beberapa sirip ikan, atau tanduk rusa.

Naga India
Istilah naga merupakan kata serapan dari bahasa Sansekerta atau India kuna yang bermakna "ular". Naga ini umum untuk semua budaya yang dipengaruhi oleh agama hindu. Mereka sering digambarkan seperti kobra dan mungkin memiliki beberapa kepala. Mereka biasanya tidak memiliki lengan atau kaki tetapi ada juga yang punya.

Naga Indonesia dan Malaysia
Digambarkan sebagai seni atau dewa pelindung gunung atau hutan. Tapi dibeberapa cerita rakyat indonesia, naga juga sering digambarkan sebagai mahkluk yang jahat. Naga dalam budaya Kalimantan, kususnya suku Dayak dan suku Banjar dianggap sebagai simbol alam bawah. Naga digambarkan hidup di dalam air atau tanah dan disebut sebagai Naga Lipat Bumi. Naga merupakan perwujudan dari Tambun yaitu makhluk yang hidup dalam air.

Naga Jepang
Seiryuu adalah naga yang berasal dari jepang. Naga ini dikenal rakyat sebagai 4 mahkluk penjaga mata angin, yaitu timur. Naga ini berwarna biru kehijauh-hijauan tinggal di danau dan bersifat baik.

Naga Khmer
Neak adalah naga yang memiliki 3 kepala. Katanya, naga ini sangat kuat, karena jumlah kepalanya yang banyak. Naga ini memiliki kemiripan pada naga india seperti badan yang mirip kobra.

Naga Korea
Yong, Gyo dan Imoogi merupakan tiga naga berasal dari korea. Yong adalah naga langit yang dikenal juga dengan nama Mireu. Gyo adalah naga gunung. Dan Imoogi adalah naga laut.

Naga Filipina
Naga dalam bahasa Filipina adalah Bakunawa. Bakunawa ditakuti oleh rakyat filipina karena memakan bulan sehingga menjadi gerhana bulan. Rakyat mengusir bakunawa dengan memukul-mukul wajan atau panci saat malam agar bakunawa tidak kembali dan memakan bulan.

Naga Vietnam
Naga vietnam disebut dengan Long, sama dengan naga dari cina. Lekukan badan pada naga ini ada 12 lekukan itu berarti ada 12 bulan pada setahun. Mereka bisa mengubah cuaca dan menyuburkan tanaman.

Naga Eropa
Naga di dunia Barat digambarkan sebagai kadal besar dengan 2 tangan dan 2 kaki yg memiliki sayap begitu besar, juga memiliki kemampuan untuk menyemburkan lidah-lidah api dan digambarkan memiliki gua bawah tanah. Naga ini selalu digambarkan memangsa manusia.

Jenis-Jenis Naga Dalam Mitologi

Ada berbagai jenis naga. Dari kejam dan keji, sampai naga licik yang jahat, atau bahkan di agung-agungkan sebagai dewa. Naga telah menginspirasi dan menjadi teror di seluruh dunia sepanjang sejarah. Kekuatan mereka adalah kekuatan yang harus diperhitungkan. Dua jenis utama dari naga dalam fantasi modern adalah Metallic Dragon ( Naga Logam - sebagai Naga yang baik ) dan Chromatic Dragon ( Naga Berwarna - sebagai Naga yang jahat ).

Berikut penjelasannya: 

Black Dragon

Black Dragon

Naga hitam adalah naga yang keji, jahat, pemarah, dan terobsesi dengan kematian. Mereka merasa nyaman tinggal di tempat yang berbau busuk seperti di rawa-rawa. Mereka kasar, cepat marah, dan jahat. Naga hitam dapat diidentifikasi dari penampilannya yang seram. Matanya terletak pada rongga yang dalam. Dua tanduk besarnya melengkung ke depan dan ke bawah. Daging wajahnya tampak buruk, seakan terbakar oleh asam. Asam lendir menetes dari mulutnya. tubuhnya berbau busuk seperti asam beracun.

Jika Anda pernah menghadapi naga hitam, berhati-hatilah, ia lebih suka serangan kejutan bukan pertarungan jujur. Ia paling aktif di saat yang paling gelap di malam hari, dimana dalam kegelapan ia merasa percaya diri dan kuat.Naga hitam menghembuskan asam beracun dan mendesis.

Green Dragon

Green Dragon

Naga hijau adalah sangat menyukai hutan dengan pohon-pohon tua dan besar. Bukannya terang-terangan dan agresif, dia lebih suka menyusun skema untuk mendapatkan kekuasaan dengan usaha sesedikit mungkin. Mereka membuat sarang di balik air terjun atau dekat danau, kolam. Semakin gelap ke dalam hutan, maka semakin dekat untuk sampai ke sarangnya.Kepala naga hijau ditutupi oleh lapisan tanduk. Mereka memiliki leher dan kaki yang panjang.Naga hijau adalah pembohong.Ketika menyerang, ia biasanya akan mengintai mangsanya terlebih dahulu, kadang-kadang selama berhari-hari. Ia hebat dalam pelacakan.Naga hijau menghenbuskan gas beracun, yaitu, gas klorin beracun.

Blue Dragon

Blue Dragon

Naga biru adalah naga yang pendiam dan angkuh. Mereka tinggal di tempat yang panas, daerah kering, seperti gurun pasir atau stepa gersang.Se'ekor naga biru dapat diidentifikasi dengan telinga yg berjumbai dan tanduk tunggal di atas kepalanya.Matanya halus, mengkilap, dan tanpa pupil. Aroma kering ozon dan pasir mengikuti naga biru mana pun ia pergi.Mereka suka terbang di udara padang pasir yang panas. Mereka adalah karnivor berdedikasi yang akan memakan ular, kadal, dan bahkan kadang-kadang memakan tanaman gurun, tapi mereka benar-benar suka hewan ternak seperti unta. naga Biru adalah ancaman nyata terhadap kafilah yang melintasi padang pasir. Mereka suka menyerang orang dengan penyergapan. Kejutan dan jarak adalah sekutu yang terbesar. Mereka menikmati kenyamanan dan sering berdiam diri. Mereka berdarah biru (artinya, dingin atau mulia.) Mereka adalah naga yang memiliki beberapa rasa moral.Mereka hebat dalam pelacakan.Naga biru adalah naga yang besar dan bersemangat. Naga biru menghenbuskan petir, yaitu ledakan petir.

White Dragon

White Dragon

Naga putih kecil dan cerdas. Mereka tinggal di daerah bercuaca dingin - biasanya daerah Arktik, tapi kadang-kadang di gunung-gunung yang sangat tinggi. Mereka pergi sendirian ( individu), dan memiliki ingatan yang sangat baik. Mereka lebih memilih kesendirian di dataran bersalju dan gua-gua, jauh dari panas sinar matahari.Naga putih dapat diidentifikasi dari matanya yang tajam dan tampak cerdas dengan ekspresi yang kuat.sisiknya menyerupai bulu bulu. kaki lebarnya dan cakar tajam membantu dia untuk berjalan di atas salju.Aura dingin tampaknya berasal dari naga putih.Karena tinggal di iklim dingin, naga putih lebih memilih makanan mereka menjadi beku. Jika korban tidak mati membeku, naga putih akan membiarkan mereka jauh di atas salju sampai mereka benar-benar membeku. Naga putih kadang-kadang dikenal sebagai naga yang pengecut.Naga putih menghembuskan embun beku yang mengerikan.

Red Dragon

Red Dragon

Naga merah adalah naga yang serakah dan tamak. Mereka hidup di habitat hangat, seperti gunung berapi atau pulau tropis. Naga merah mendominasi gunung dan pulau-pulau beriklim tropis. Mereka licik dan mengerikan.Se'ekor naga merah dapat diidentifikasi dengan sayap panjang dan dua tanduk panjang. Mereka memiliki lidah merah yang panjang dan bercabang. Api kecil sering menari di lubang hidungnya ketika dia marah. Matanya mengkilat dengan keserakahan tak terkendali ketika dia telah melihat harta karun.Mereka berbau asap dan belerang.Naga merah adalah naga teritorial. Mereka lebih suka makan daging, khususnya manusia. naga merah telah dikenal memaksa desa untuk mengorbankan gadis kepada mereka. (Ini adalah masalah selera, seperti yang anda miliki, rupanya gadis "terasa lebih enak") Bagian terbaik dari makanan untuk naga merah adalah minum darah.Naga merah menghembuskan api mematikan.


Semua naga memiliki pilihan apakah akan menjadi baik atau menjadi jahat. Tetapi ada beberapa kecenderungan umum berdasarkan jenis. Tidak seperti Chromatic Dragon ( naga berwarna ), yang biasanya jahat, Metallic Dragon ( naga logam ) biasanya baik.

Berikut Penjelasannya : 

Brass Dragon

Brass Dragon

Dari semua naga, jenis ini adalah yang paling suka berteman , dan terkenal karena mereka menyukai percakapan. Mereka mendambakan sinar matahari yang panas dan kering, sehingga mereka sering berada di daerah panas dan kering, gurun pasir khususnya. Mereka suka membuat sarang mereka di dataran tinggi dan gua-gua berbatu.

Naga Kuningan mamiliki sisik coklat yang kusam saat lahir. seiring dengan berjalannya waktu, sisik itu menjadi lebih mirip kuningan, sampai akhirnya warna dan penampilan mereka benar-benar mengkilap.Naga Kuningan sangat luwes dan ekspresif. Ini sangat berguna, karena mereka gemar berbicara. Mereka bisa menghenbuskan api.

Silver Dragon

SIlver Dragon

Naga ini suka membantu dan lemah lembut. Mereka sering menyibukkan diri dengan melindungi yang tidak bersalah dan menyembuhkan luka mereka. Mereka mencintai gunung yang tinggi dan luas, langit terbuka dengan awan menggelembung. Mereka suka menikmati terbang dan kadang-kadang melambung selama berjam-jam hanya untuk kesenangan itu.Se'ekor naga perak memiliki paruh mirip hidung, dagu yang kuat, dan lidah runcing. Mereka tidak suka kekerasan dan menghindari pertempuran sebisa mungkin. Mereka adalah yang paling sensitif dari semua naga.

Bronze Dragon

Bronze Dragon

Memiliki rasa keadilan yang kuat, naga perunggu tidak mentolerir kekejaman atau anarki dalam bentuk apapun. Mereka juga ingin tahu dan tertarik dengan kehidupan manusia. Mereka hidup di dekat air dalam, khususnya di wilayah pesisir dan pulau-pulau tropis. Mereka melakukan perjuangan terus-menerus melawan makhluk laut yang jahat, dan sering hidup di gua-gua, dekat sungai atau danau bawah tanah.

Naga perunggu memiliki paruh moncong dan lidah yang runcing. Kaki mereka berselaput dan mereka memiliki anyaman forelimbs di bagian belakang mereka. sisik mereka halus dan rata.

Gold Dragon

Gold Dragon

Naga emas adalah jawara dalam melawan kejahatan dan kelicikan. Mereka sering memulai dan manonjolkan diri untuk mendeklarasikan kebenaran. Mereka membuat sarang mereka di daerah terpencil, seperti ngarai dalam atau dataran tinggi.

Naga emas memiliki ukuran tubuh yang besar, mempunyai tanduk kembar yang halus dan terbuat dari logam, dan memiliki kumis di sekitar mulut, mirip se'ekor lele. Mereka berbau kunyit dan dupa.

Copper Dragon

Copper Dragon

Naga ini memiliki reputasi yang baik sebagai pembuat lelucon dan teka-teki. Mereka tinggal di tempat kering, dataran tinggi berbatu dan pegunungan. Mereka tinggal di gua-gua sempit.Naga tembaga memiliki paha dan bahu yang besar, karena mereka adalah pelompat dan pendaki yang tangguh. Seperti naga logam lainnya, sisik mereka kusam saat lahir dan menjadi lebih mengkilat seiring penuaan mereka. Mereka senang berbagi lelucon dan akan memakan hampir apapun yang dapat dimakan.

Yvern
wyvern adalah makhluk legenda, dan sepupu naga. Wyvern bersayap, makhluk seperti ular. Tidak sepertinaga, wyvern hanya memiliki dua kaki, ekor berduri, dan tidak bisa bernapas api. Wyvern lebih kecil darinaga.

Yvern

Wyvern muncul dalam beberapa cerita rakyat barat sebagai predator kejam yang memiliki sayapkelelawar, dan ekor berduri. Diceritakan bahwa mereka dapat menyemburkan racun. Wyvern memilikikepala mirip ular dan cakar seekor elang.Meskipun mereka memiliki kekuatan dan keganasan naga, wyvern masih memiliki kekurangan dalamkecerdasan dibandingkan naga. Wyvern biasanya memangsa rusa, kambing, dan makhluk lain seperti itu. Tidak seperti naga, yang kadang-kadang baik dan kadang-kadang jahat, wyvern ini, jelas berbahaya.Wyvern melambangkan perang, iri hati, dan merupakan tanda kekuatan kepada mereka yangmenanggungnya.
Asal usul kata wyvern berasal dari kata wyver pada abad ketiga belas, yang pada gilirannya berasal dariwyvere dalam bahasa Perancis, yang memiliki dua arti, yaitu "viper" dan "hidup."
Wyvern ini juga mirip dengan basilisk dan cockatrice.

Jenis Naga Lainnya : 

Fossil Dragon

Fossil Dragon

Naga yang mirip mayat hidup ini tertidur di dunia bawah sampai dia dipanggil pada saat kebutuhan besar. Fossil Dragon adalah naga yang tahan terhadap rasa sakit, mereka tidak tertandingi dimedan perang.Habitatnya meliputi tempat penguburan dan ladang tulang/tempat bekas peperangan.Fossil Dragon termasuk naga besar yang langka.Tubuh mereka ditutupi armor/lempengan besi dan tulang-tulang padat yang keras.Surai api yang membara sepanjang tulang leher dan punggung membuatnya semakin menakutkan.

Hunter Dragon

Hunter Dragon

Hunter Dragon adalah naga yang paling primitif. Hunter Dragon memiliki keterampilan sosial, namun mereka tetap tersisih di pinggiran masyarakat naga.Habitat mereka jauh dari kerajaan naga, mereka tinggal di padang rumput liar dan pantai berbatu.Mereka termasuk naga berukuran sedang.Hunter Dragon bukanlah naga penerbang, sebab sayap mereka memiliki duri-duri yang besar dan ukuran sayap mereka terlalu kecil untuk mengangkat beban tubuh mereka. Sebagai gantinya, mereka menjadikan sayap mereka sebagai senjata yang mematikan.

Ice Dragon

Ice Dragon

Ice Dragon berkembang dalam suhu di bawah nol derajat, mereka adalah naga nomaden yang gemar melakukan perjalanan dan mereka baru akan menetap jika mereka telah menemukan tempat yang banyak makanan. Ice Dragon tersebar di seluruh wilayah-wilayah terpencil dari daerah dingin di utara.naga es telah berevolusi menjadi beberapa sub-spesies yang berbeda, namun mereka dapat dikenali dari ciri-ciri umum mereka, yaitu : tubuh mereka didominasi warna biru dan putih, tubuh mereka ditutupi bulu dan salju, dan kulitnya dilapisi es habitat mereka meliputi gletser dan daerah bersalju di utara.

Scavenger Dragon

Scavenger Dragon

Scavenger Dragon makan dari sisa-sisa daging yang jatuh. Mereka lebih mirip dengan Hyena, karena memiliki rahang yang kuat, pemulung/pemakan bangkai, pemarah dan cenderung terlibat dalampertikaian untuk memperebutkan bangkai. Mereka membuat rumah mereka di tebing-tebing yang tinggi dan seringkali terlihat bertengger di puncak pohon.Mereka memiliki rentangan sayap yang lebar namun ramping, yang membantu mereka bermanuver sa'at terbang diudara.Dari semua naga terbang, mereka adalah yang tercepat.

Fire Dragon

Fire Dragon

Fire Dragon adalah Naga yg terkuat diantara bangsa naga yang lainnya, semburan apinya maling panas dan paling besar, Fire Dragon biasa hidup sendiri dan sering membantu apapun yang dalam kesulitan, tetapi dia sangat berbahaya, apapun yang membantu lawannya maka dia menggapnya sebagai musuh, dia tidak segan2 menghabisi musuhnya.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment