How to Do Stand Up Comedy?

Stand Up Comedy

Kegiatan yang satu ini lo semua pasti udah pada tau, pasti sering Kan nonton orang-orang bergaya seperti sedang pidato berdiri tapi malah diKetawain. nah yang Kayak gitu itu namanya stand up comedy, Kegiatan ngelucu tanpa bantuan apapun, lo hanya ditemani mic dan cerita-cerita Konyol yang bisa bikin orang Ketawa terbahak-bahak. sebenernya Kegiatan stand up comedy ini udah lama ada di indonesia, hanya mungkin baru mulai terangkat Ke televisi belakangan ini

HISTORY
Gak ada catatan khusus sejak kapan stand up comedy dimulai, yang jelas negara paling duluan menggelar kegiatan stand up comedy ini adalah Inggris. di negara Inggris stand up comedy sudah ada sejak abad ke 18, sedangkan di Amerka Serikat baru ada sejak abad ke 19. Kalo lo pernah tau yang namanya Mark Twain yang nulis cerita Tom Sawyer, doi termasuk salah seorang pelopor di dunia stand up comedy Amerika Serikat. Dari situ stand up comedy terus berkembang hingga ada yang namanya Modern American Stand Up Comedy, gelombang baru dari 

Amerika ini digawangi oleh komedian kayak Bob Hope, George Burns, Fred Allen, Milton Berle, dan Frank Fay. Beberapa performer stand up dari luar negri bahkan sering lo lihat aksinya di film-film box office kayakChris Rock, Eddie Murphy, Woody Allen, Bill Cosby dan banyak lagi. Di indonesia sendiri stand up comedy udah lama ada tapi belom se-eksis sekarang. Comic indonesia yang beken beken jaman dulu tuh kayak (alm) Taufik Savalas, Butet Kertaradjasa, dan Ramon P. Ramon P adalah salah satu pelopor dari kegiatan stand up comedy ini di Indonesia. Ia juga membuka cafe yang bertemakan comedy, yaitu Canda Comic Cafe di daerah Kemang - Jakarta Selatan. Karena Canda Comic Cafe ini juga lah sekarang kita bisa kenal sama para Comic muda seperti Raditya Dika, Soleh Solihun, Pandji Pragiwaksono, Mo Sidik, Adjis Doa Ibu, dan banyak lagi yang sering kita lihat sepak terjangnya di televisi atau cafe-cafe. Oh iya buat yang belum tau, Comic itu adalah sebutan lain untuk komedian, atau pelawak

NB: Terakhir gw liat Standup Comedy Cafe yang di Kemang udah ngga keliatan lagi, entah pindah atau apa. 

HOW TO DO STAND UP COMEDY
Pada dasarnya kalo kita biasa liat di televisi, menjadi Comic itu gampang banget, iya lah cuman bermodalkan mic, skill bicara yang keren, sama mental di atas panggung yang kuat. Tapi sebenernya gak se-simple itu juga, karena sebenarnya buat jadi Comic yang benar-benar bisa menghibur itu susah-susah gampang bro. Selain ketiga hal yang disebutin di atas, ada beberapa hal lagi yang mesti lo perhatikan. 

Yang pertama mungkin lo mesti mempersiapkan benang merah materi yang akan lo sampaikan, yang ini berguna banget supaya lo gak keluar dari topik pembahasan lo. Coba perhatikan Comic-Comic yang sedang open mic, mereka punya satu benang merah yang bisa diambil dari keseluruhan lawakannya.

Berikutnya lo mesti punya lawakan yang up to date, maksudnya adalah lawakan yang lo sampaikan mesti sesuai dengan yang dimengerti oleh audiens di masa itu. Gak mungkin juga kan kalo lo melempar jokes jadul yang nggak dimengerti audiens di era sekarang, bisa-bisa jadi krik, krik, krik. 

Terakhir lo mungkin bisa nambahin unsur-unsur lain kayak wardrobe yang unik, atau pun alat-alat yang bisa mendukung aksi canda tawa lo. Lo juga bisa belajar stand up comedy dari Comic-Comic tanah air melalui akun Youtube StandUpComedyIndo, disana lo bakalan menemukan aksi-aksi kocak comic tanah air. Dan untuk aksi Comic luar negri, lo bisa buka akun Youtube ComedyCentral. Jangan lupa untuk tertawa sebelum Tertawa dilarang, peace!

Previous
Next Post »
Thanks for your comment