Gedung Terbesar di Dunia yang Dilengkapi Matahari Buatan

New Century Global Center 

China memang besar dalam segala hal. Bayangkan saja, China baru saja membuka proyek raksasa terakbar di dunia yang dinamakan The New Century Global Center yang dilengkapi matahari buatan.

Properti raksasa nan gila ini berlokasi di Chengdu, Provinsi Sichuan. Lokasinya tepat di seberang Pusat Seni Kontemporer Chengdu. Luas bangunannya mencapai 1.700.000 meter persegi dan panjang sekitar 500 meter, lebar 400 meter, dan serta tingginya 100 meter. Sebagai perbandingan, bangunan ini ini hampir 20 kali lebih besar dari Gedung Opera Sydney dan 3 kali lebih besar dari markas Pentagon, Amerika Serikat.

Desain New Century Global Center (Janghou Group/ News Australia) : 

Desain New Century Global Center

Butuh waktu 3 tahun sampai pembangunan gedung ini rampung. New Century Global Center pun menjadi objek wisata baru, tak hanya bagi wisatawan tapi juga 14 juta warga Chengdu.

Tak hanya besar dalam ukuran, gedung ini juga menawarkan visualisasi menarik sekaligus estetika secara arsitektural. Betapa tidak, The New Century Global Center ini merupakan hasil karya arsitek Inggris keturunan Irak paling beken saat ini, Zaha Hadid.

Sebagaimana karya Hadid lain, seperti Abu Dhabi Art Center dan London Aquatic, gedung serbaguna ini juga sangat futuristik. Gedung ini sarat dengan panel kaca di sebagian besar bangunan. Panel kaca ini berfungsi sebagai media sumber cahaya pada siang hari.

Penampakan Luar Desain New Century Global Center

Pihak otoritas setempat mengklaim, The New Century Global Center merupakan bangunan terbesar di dunia yang berdiri sendiri (stand alone) Gedung ini dilengkapi fasilitas hiburan yang lengkap seperti Waterboom. aquarium raksasa serta laut buatan lengkap dengan ombaknya.

Lebih dari itu, keseluruhan kompleks gedung ini akan dilengkapi dengan matahari buatan (artifisial). Matahari artifisial yang dibangun di dalam gedung bakal memberikan cahaya dan panas 24 jam sehari dan menyinari tanaman di dalam gedung

Pusat atraksinya adalah 5.000 meter persegi pantai buatan, termasuk pelatihan rafting dan fasilitas jalan-jalan di tepi "pantai", lengkap dengan payung-payung penahan sinar matahari dan warung-warung makanan laut. Seluruh kawasan "pantai" ini bisa menampung hingga 6.000 orang.

Sebuah layar raksasa berukuran 150 meter kali 40 meter juga disediakan. Layar ini akan menampilkan pemandangan laut, lengkap dengan matahari terbit dan terbenam

 Lobby The New Global City Center :

 Lobby The New Global City Center 1

 Lobby The New Global City Center 2

Wisatawan yang berkunjung ke Chengdu di Provinsi Sichuan, China, sekarang tak hanya bisa melihat panda. karena Sebuah gedung superbesar telah dibuka di kota ini.

"Ini adalah kota samudera yang dibangun manusia," tutur pemandu wisata di China, Liu Xun. Disebut begitu karena New Century Global Center dibuat persis di sebelah danau buatan. Atap gedung ini dilengkapi teknologi yang mampu menyerap panas matahari di siang hari dan menyalurkanya selama 24 jam. Hingga mampu menyesuaikan kondisi cuaca dan memberi rasa hangat pada pengunjung serta mampu menyinari tumbuhan alami di dalamnya layaknya matahari sungguhan.luar biasa


Berikut beberapa gambar suasana didalam dan diluar gedung :

Water park dan desa bergaya Mediterania :

Water park dan desa bergaya Mediterania

The New Century Global Center : 

The New Century Global Center

Gambar Tambahan :

New Century Global Center 1

New Century Global Center 2

New Century Global Center 3

New Century Global Center 4

New Century Global Center 5

New Century Global Center 6

Previous
Next Post »
Thanks for your comment