Windows 8.1 akan Dilengkapi "Help"

Windows 8.1

KOMPAS.com - Windows 8 memperkenalkan perubahan tampilan dan cara pakai yang radikal dibanding versi-versi sebelumnya sehingga membuat bingung sebagian pengguna.

Kebingungan tersebut rupanya membuat Microsoft merasa perlu menyertakan petunjuk pemakaian bersama update Windows 8.1 yang akan dirilis Oktober mendatang.

Seperti dikutip oleh Ars Technica dari Extreme Tech, versi build Windows 8.1 (9741) yang terbaru kabarnya memperlihatkan sejumlah perubahan terkait petunjuk pakai sistem operasi tersebut.

Misalnya, aplikasi baru bergaya "Metro" pada Windows 8.1 bakal dilengkapi tombol "tiga titik" yang akan memperlihatkan context menu aplikasi yang bersangkutan, seperti pada Windows Phone.

Sebelumnya, context menu tersebut hanya bisa dipanggil lewat klik kanan atau swiping dengan jari ke arah atas layar. Kemungkinan aplikasi pihak ketiga juga akan menyertakan tombol visual ini pula. 

Lalu, cara akses "Charms Bar" juga dipermudah. Aplikasi built-in Microsoft akan mengingatkan pengguna untuk melakukan swiping dari sisi kanan layar untuk memunculkan Charms Bar dan tombol Start.
Fitur Help Windows 8.1
Microsoft menyajikan panduan pakai yang lebih menyeluruh pada Windows 8.1 (kanan) dibandingkan tutorial animasi GIF sederhana pada Windows 8

Ada pula aplikasi "Help+Tips" yang menyertakan sejumlah tutorial video untuk membantu pengguna mengeksplorasi seluruh fitur baru dari Windows 8.1. 

Tutorial pada Windows 8.1 ini terkesan lebih menyeluruh dibandingkan "petunjuk pemakaian" pada Windows 8 sebelumnya yang hanya berupa animasi sederhana saat proses instalasi. Itupun tak bisa diulang lagi apabila pengguna masih belum mengerti.

Entah apa sebabnya Microsoft tak memasukkan tutorial yang lebih mendetail pada Windows 8 sedari awal dan baru melakukannya sekarang. 

Lalu, apakah perubahan-perubahan tersebut akan bisa membantu pengguna memakai Windows 8.1 dengan lebih lancar? Jawabannya baru akan diketahui Oktober nanti.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment