Cara Mengetahui Android sudah Di Root atau Belum

Saat Anda membeli sebuah HP Android second, satu hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah apakah hp Android tersebut sudah di root atau belum? Kenapa harus mengetahui sudah di root atau tidak? Alasannya sangat sederhana sekali, kalo sudah di root tentu saja garansi akan hilang, karena seperti kita ketahui vendor atau produsen ponsel Android, saat ini mulai memberikan batasan terhadap garansi yang akan diberikan, jika sudah di root, alhasil maka garansi akan hilang.

Untuk mengetahui sebuah ponsel Android sudah di root atau tidak, caranya sangat mudah sekali yakni dengan mengecek akses Superuser di ponsel Android tersebut. Jika Anda mempunyai akses Superuser maka sudah bisa dipastikan ponsel Android tersebut sudah di root.

1. Download aplikasi Android Terminal Emulator dari Google Play Store. 


2. Setelah terinstal jalankan aplikasi tersebut dan lihat tanda apakah yang muncul. Jika muncul tanda pagar (#) itu artinya ponsel Android tersebut sudah di root. Namun jika yang muncul adalah tanda dollar ($) maka ponsel tersebut belum di root. 

Selain itu coba masukan perintah SU lalu enter jika nanti muncul kotak dialog Superuser, itu artinya hp Android tersebut sudah di root


Bagaimana mudah bukan?

Previous
Next Post »
Thanks for your comment