Tips Mencairkan Suasana saat Terperangkap Awakward Moment


Terkadang apa yang kita harapkan malah nggak datang menghampiri kita, tapi terkadang juga apa yang nggak kita harapkan malah datang tiba-tiba. Gw bukan lagi ngomongin tukang bakso dan tukang sol sepatu, tapi lagi ngomongin yang lain. Sebenernya kalau yang datang tiba-tiba itu jodoh ya nggak masalah, tapi kalau yang dateng itu sebuah momen yang bisa dibilang awkward gimana? Dan parahnya lagi kalau datangnya itu di momen-momen penting seperti, lagi nge-date sama gebetan, kumpul sama keluarga gebetan, atau pun lagi reunian sama teman-teman sekolah. Pasti malu abis.

Contohnya kentut deh. Kita tau sendiri kentut emang suka keluar tiba-tiba dari peristirahatan tenang mereka. Kalau sekadar kentut biasa yang suaranya nggak nyaring sih masih bukan masalah. Tapi kalau kentut jenis yang lain? Kentut yang bisa mengeluarkan cairan… bahkan luber, gimana? Nggak kebayang deh pokoknya.

Bisa dibilang ya kalau saat itu ada Apollo yang ngetem di pangkalan sekitar agan, mungkin saat itu juga kamu bakalan naik buat pindah planet. Ya kalau kata anak zaman sekarang sih, hufffffttt bangggget (‘g’-nya banyak biar makin gaul).

Tapi jangan khawatir, gw punya beberapa tips nih gimana caranya mencairkan suasana pas terperangkap awkward moment kayak begitu. Penasaran kan? Yaudah, langsung liat aja deh nyok!

Tips Mencairkan Suasana Pas Terperangkap Awkward Moment : 

1. Nuduh Orang Yang Ada di Sekitar
Masih periihal kentut, seperti yang kita tahu, cinta itu kayak kentut, eh salah, kentut itu kayak cinta. Ya pokoknya cinta itu kayak kentut yang intinya bisa menyerang siapa saja. Tapi ada juga lho yang bilang, cinta itu kayak kentut, keluar dengan sendirinya, dan tak bisa disembunyikan.

Nah, menurut gw ada yang kurang nih di sini. Memang, kentut itu sebenarnya nggak bisa disembunyikan, tapi asal kamu tau, sebenarnya kentut itu bisa dialihkan. Jadi, cara mengalihkannya itu cukup dengan menuduh orang yang ada di sekitar kamu. Begini caranya, ketika si kentut tiba-tiba keluar, kamu langsung bilang aja, “Eh, denger suara kentut, nggak? Wah, elu yak yang kentut? Ngaku dong! Ngaku ajaa!” Dengan begini, dijamin kentutmu mengalihkan dunia orang-orang.

2. Nuduh Benda/Fenomena Alam Yang Ada di Sekitar
Awkward moment yang bikin kita salah tingkah adalah momen yang terjadi di saat kita sedang bersama orang-orang yang menurut kita penting buat kita. Iya, lagi-lagi orang pentingnya itu adalah gebetan kita.

Buat kamu-kamu yang lagi semangat banget ngobrol sama gebetan, terkadang air liur kita juga semangat banget buat keluar dari tempat terpencilnya mereka. Ya, maksud gw di sini ngeces atau pas ngomong muncrat.

Coba sekarang kamu bayangin, pas kamu lagi asik-asiknya ngobrol sama gebetan, eh tiba-tiba kamu ngeces ke muka dia atau ke jaket dia. Kamu mau ngomong apa kalau udah begitu? Pasrah? Eitts, mulai detik ini jangan coba-coba lagi ya buat pasrah. Karena, kalau kamu terperangkap sama dia alias dia tau yang ngeces itu kamu, gw bisa jamin kalau besok-besok dia ngobrol sama kamu, dia-nya bakalan bawa payung biar nggak kena ‘semprotan’ kamu. Atau bisa jadi gara-gara itu dia baru mau ngobrol sama kamu kalau seandainya kamu sama dia ada sekatnya. Sekatnya pake gordyn gitu, kayak warnet. Hiiiii..

Tapi sekarang kamu jangan khawatir, kamu berada di tempat yang saaangaaaat tepat untuk dipercaya. Langsung aja, jadi, ketika ngeces, kamu langsung tuduh makhluk hidup yang ada di sekitar kamu, tapi jangan tuduh manusia ya, tuduh makhluk yang nggak bisa ngomong aja kayak pohon.

Contohnya,

“Ih kamu ngeces, ya?”
“Enggak, itu tuh emang dari tadi pohonnya suka ngeluarin cairan gitu, yaudah yuk pindah, nanti kamu kena cairannya lagi lho.”

atau bisa juga,

“Ih kamu ngeces, ya?”
“Enggak, itu emang gerimis, aku juga kena kok. Pindah ke situ yuk ah.”
Nah, dengan begitu jadi aman kan?

3.Mengalihkan Pembicaraan
Selain bunyi kentut, ada lagi bunyi-bunyi yang lain yang suka datang tiba-tiba. Iya, bunyi perut. Peristiwa bunyinya perut ini biasanya terjadi kalau kita belum makan. Bunyinya itu, “glek..glek..glek..” atau “blebek... blekbek...” pokoknya gitu deh, gw juga mau ngerekam suaranya, tapi susah. Harus ditelen dulu alat rekamnya. Hubt..

Tapi sebenarnya, bunyi perut ini lebih susah ditahannya daripada kentut. Karena memang dia keluarnya langsung aja gitu tanpa ada tanda-tanda khusus kayak kentut. Mending kalau bunyi perut ini keluar di saat kamu lagi ngobrol sama temen akrab kamu, tapi kalau sama gebetan? Bisa turun nilai kekerenan kita –meski emang dari awal nggak ada keren-kerennya–.

Tapi jangan khawatir, untuk mencairkan suasana seperti ini, kamu cukup mengalihkan pembicaraannya aja seperti, “Eh iya, denger-denger Jepang itu ibu kotanya udah pindah loh. Nggak tau persis sih pindahnya ke mana, denger-denger sih dia lagi nyari kontrakan yang lebih murah gitu deh. Hehe. Hehe. Hehe.”

Dengan begitu, semoga aja dia jadi nggak engeh kalau bunyi komodo nguap itu asalnya dari perut kamu...

4. Stay Cool Aja
Ada yang pernah ditinggalin pacarnya, nggak? Wiiih, banyak banget kayaknya. Sakit, nggak? Wiiih, sakit banget kayaknya. Tapi ada yang pernah pas mau naik angkot yang berhenti, abang angkotnya nggak ngeliat ternyata kamu ngejar dia buat naik, terus dia ninggalin kamu begitu aja, nggak? Buat yang belum pernah ngerasain, itu lebih malu dan lebih sakit daripada ditinggalin pacar sama selingkuhan kamu.

Bayangin aja, pas kita mau naik, eh si abangnya main ninggalin aja, udah gitu kejadiannya di depan teman-teman kamu lagi. Malunya tujuh turunan itu. Tapi tips dari gw kalau kamu mengalami awkward moment kayak gini, cukup berlagak stay cool dengan pasang headset dan sok-sok jogging aja deh ke arah jalannya si angkot.

Biarin ditinggalin, nggak usah teriak-teriak ke abangnya kalau kamu mau naik. Itu malah bikin kamu lebih malu. Jadi ya udah aja gitu tungguin angkot yang selanjutnya. Ya sambil berdoa aja semoga pas naik nggak ditinggalin lagi.

5.Improvisasi Gerakannya
Mungkin kalau ada yang pernah nonton film-film bioskop luar atau dalam negeri, pasti kamu pernah liat ketika seseorang kepleset kulit pisang di tengah jalan, jatuh, terus buru-buru pergi gara-gara malu diliatin orang.

Nah, kepleset ini adalah salah satu awkward moment yang sekiranya bakal bikin kamu malu sejadi-jadinya. Apalagi kalau keplesetnya pas lagi caper di depan gebetan. Emang sih, kepleset kulit pisang hanya ada di film-film, tapi, biasanya di kejadian nyata juga bisa terjadi diakibatkan lantai yang abis dibersihkan/di-pel sama petugas kebersihan.

Tapi tenang, ketika kamu nanti mengalami kejadian kayak gini, kamu jangan panik, santhaay aja. Gw punya kok solusi untuk mengatasi agar kamu terbebas dari tertawaan orang-orang.

Jadi gini, ketika kamu terpleset dan jatuh ke lantai, kamu improvisasikan jatuhnya kamu itu ke gerakan breakdance. Gw jamin, setelah kamu melakukan gerakan breakdance, kamu nggak akan diketawain sama temen-temen kamu, tapi… bakalan encok di tiap persendian.

Yang namanya awkward moment emang sulit buat dicegah. Jadi, awkward moment itu sama aja kayak tukang sol sepatu cinta, yang mana emang sulit banget buat diprediksi kapan dia datangnya. Coba sekarang ngaku sama gw, siapa aja yang ngalamin kejadian kayak di atas? Apa ada awkward moment yang lain yang kamu pernah alamin? Share dong...

Previous
Next Post »
Thanks for your comment