Fakta Menarik Indonesia di Piala Dunia

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa tim sepakbola Indonesia atau Hindia Belanda pernah tembus ke Piala Dunia FIFA 1938 di Prancis. Bersama Brazil dan Kuba, Hindia Belanda merupakan negara peserta non-Eropa.

Line up timnas Hindia Belanda saat itu adalah Achmad Nawir, Anwar Sutan, Suvarte Soedarmadji, Mo Heng Tan, Hong Djien Tan, Frans Meeng, Hans Tahitu, Tjaak Pattiwael, Henk Zomers, Frans Hukom, Jack Samuels, dengan pelatih nasional Johannes van Mastenbroek.

Pemain cadangan: Mo Heng Bing, See Han Tan, J. Harting, Dorst, Teilherber, G. Faulhaber, R. Telwe, G. van den Burgh.

Saat itu Hindia Belanda lolos ke Piala Dunia 1938 di Prancis, setelah Jepang menarik diri dari kualifikasi.

Lolosnya timnas Hindia Belanda ke putaran akhir Piala Dunia di Prancis ini menimbulkan situasi unik, sebab Negeri Belanda juga lolos, sehingga lagu kebangsaan Wilhelmus dikumandangkan sebanyak dua kali, untuk Timnas Oranje dan Timnas Hindia Belanda.

Dalam kualifikasi, timnas Nederlands-Indië masuk ke dalam Grup 12 bersama dengan Jepang. Ketika Jepang menarik diri, FiFA memutuskan untuk memainkan Nederlands-Indië melawan salah satu timnas negara dari Grup 11.

Melalui undian, timnas Nederlands-Indië ternyata harus bermain melawan timnas Amerika Serikat. Pertarungan kualifikasi timnas kedua negara dijadwalkan akan berlangsung di Stadion De Kuip milik Feyenoord Rotterdam pada 29 Mei 1938. Tetapi Amerika Serikat juga akhirnya menarik diri, sehingga timnas Nederlands-Indië melenggang menuju babak final.

Sebagai bagian dari persiapan main di Piala Dunia 1938, timnas Nederlands-Indië menempuh perjalanan panjang dengan kapal menuju Negeri Belanda untuk menjalani pemusatan latihan di HBS Den Haag.

Selama pemusatan latihan, timnas Nederlands-Indië antara lain melakukan latih tanding melawan klub HBS Den Haag dengan hasil akhir imbang 2-2. Sedangkan pertarungan latihan melawan klub Haarlem, timnas Nederlands-Indië menang 5-3.

Bagaimana hasil di putaran final Piala Dunia 1938? Timnas Nederlands-Indië pada babak knock-out itu bertemu Hongaria dalam pertarungan di Vélodrome Municipale, Reims (Prancis) dan kalah cukup telak 0-6, yang menyebabkab Achmad Nawir dkk tersingkir.

Bagan Pertandingan Hindia-Belanda a.k.a Indonesia di 1938 :

Bagan Pertandingan Hindia-Belanda a.k.a Indonesia di 1938

Beberapa Foto Timnas Hindia-Belanda

Timnas Hindia-Belanda 1

Timnas Hindia-Belanda 2

Timnas Hindia-Belanda 3

Previous
Next Post »
Thanks for your comment