10 Produsen Ponsel Terbesar Dunia

10 Produsen Ponsel Terbesar Dunia

Biro riset Gartner baru saja merilis daftar vendor ponsel terbesar di dunia. Siapa saja yang berhasil masuk dalam jajaran 10 besar?

Riset Gartner menggabungkan penjualan feature phone dan smartphone di kuartal I 2013. Secara total, sebanyak 426 juta unit ponsel terjual dalam kuartal tersebut.

Dari jumlah itu, 210 juta unit di antaranya adalah smartphone dan sisanya jenis feature phone. Vendor apa saja yang duduk di posisi 10 besar? Berikut daftarnya.

10. Yulong

Yulong

Nama Yulong barangkali masih sangat asing di industri smartphone dunia. Namun di negara asalnya China, mereka sangat diminati.

Buktinya, Yulong berhasil menjual 7,4 juta unit ponsel selama kuartal 1 2013. Dengan raihan market share sebesar 1,8%.

9. Lenovo

Lenovo

Lenovo yang sebelumnya lebih dikenal sebagai produsen komputer PC mulai menunjukkan taringnya di industri ponsel. Di mana pada kuartal 1 2013, mereka menjual 7,7 juta unit ponsel.

Lenovo meraih market share 1,8%. Penjualan mereka cukup banyak ditopang kuatnya pasar di negara asalnya, China.

8. Sony Mobile

Sony Mobile

Sejak berpisah dengan Ericsson, performa bisnis ponsel Sony menunjukkan tanda tanda perbaikan. Ditunjang flagship populer seperti Xperia Z dengan diferensiasi tahan debu dan air.

Vendor asal Jepang tersebut mencatat penjualan 7,9 juta unit ponsel. Denganmarket share di kisaran 1,9%.

7. TCL Communications

TCL Communications

Besarnya pasar China dengan populasi penduduk melimpah membuat banyak vendor lokal berjaya. Salah satunya adalah TCL Communications.

TCL tercatat menjual sebanyak 8,5 juta unit ponsel di kuartal 1 2013. Membuat mereka memiliki pangsa pasar 2%.

6. Huawei

Huawei

Huawei yang juga dikenal sebagai vendor infrastruktur telekomunikasi papan atas semakin menanjak di pasar ponsel dunia. Didukung strategi harga terjangkau dan produk lumayan berkualitas.

Vendor asal China tersebut berhasil menjual 11,1 juta unit ponsel. Dengan raihan market share sebesar 2,6%.

5. ZTE

ZTE

ZTE menjadi vendor asal China yang menempati posisi tertinggi dalam daftar ini. Mereka memang kian agresif mengepakkan sayapnya ke mancanegara.

Menurut Gartner, ZTE menjual sebanyak 14,6 juta unit ponsel. Sehingga mereka memperoleh pangsa pasar 3,4%.

4. LG Electronics

LG Electronics

LG sebagai pemain lama di industri ponsel dunia masih banyak diminati. Mereka cukup agresif merilis ponsel di hampir semua rentang harga.

Vendor asal Korea Selatan ini mencatat penjualan sejumlah 15,6 juta unit ponsel. Dengan market share sebesar 3,7%.

3. Apple

Apple

Apple hanya punya beberapa model smartphone dan sama sekali tidak menjual feature phone. Namun mereka mampu menembus posisi tiga besar berbekal nama besar iPhone.

Vendor asal Amerika Serikat ini mencatatkan penjualan 38,3 juta unit ponsel. Dengan raihan pangsa pasar 9%.

2. Nokia

Nokia

Nokia memang cukup kelimpungan ditekan Android dan iPhone di segmen smartphone. Namun mereka masih sangat kuat di pasar menengah ke bawah, ditunjang model Nokia Asha.

Nokia memperoleh penjualan sejumlah 63,2 juta unit ponsel. Dengan perolehanmarket share 14,8%.

1. Samsung

Samsung

Posisi Samsung di puncak memang masih sulit digoyahkan. Mereka menguasai jagat smartphone Android di samping masih giat meluncurkan ponsel berjenis feature phone.

Samsung pun mencatatkan penjualan sebesar 100,6 juta unit ponsel. Membuat vendor asal Korea Selatan ini meraih 23,6% market share.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment