Makan Banyak? Tapi tetep Kurus. Pelajari disini!

Somatotype

Body ectomorph adalah orang yang memiliki bentuk tubuh yang kurus dengan struktur tulang yang lebih kecil dari kebanyakan orang. Tipe tubuh jenis ini, memiliki lemak yang sangat sedikit, dan kurang memiliki kemampuan untuk menyimpan lemak dalam jumlah yang banyak. Ectomorph bisa dengan mudah menurunkan berat badan dan mempunyai kandungan lemak rendah. Akan tetapi, tubuh ectomorph harus berjuang keras jika ingin menambah berat badannya agar terlihat lebih ideal.

1. Menambah Asupan Kalori.

Menambah Asupan Kalori

Tipe ectomorph harus menambah asupan kalori lebih banyak untuk menambah berat badan. Menambah kalori berarti harus makan lebih sering. Jika orang pada umumnya membatasi jumlah karbohidrat saat mereka berdiet, tubuh ectomorph harus mengonsumsi lebih banyak kalori setiap hari. Komposisi yang dianjurkan untuk menambah berat badan pada tipe ectomorph adalah 50% protein, 30% karbohidrat dan 20% lemak.

2. Jangan Begadang

Jangan Begadang!

Cara menambah berat badan bagi tubuh ectomorph selanjutnya adalah, tidur cukup!. Tubuh mengalami perkembangan optimal saat agan sedang tidur. Ketika agan tidur sistem agan melepaskan hormon pertumbuhan alami yang membantu membangun dan memperbaiki jaringan otot yang rusak selama agan latihan. Tidur cukup 8-10 jam di malam hari dapat membantu meningkatkan berat badan agan. Sebaliknya, semakin sedikit waktu tidur agan, semakin kecil kemungkinan berat badan agan bertambah.

3. Latihan Beban

Latihan Beban

Sebagian besar dari agan mungkin sudah melakukan latihan beban untuk menambah berat badan. Namun latihan agan tidak juga membuahkan hasil. Bisa saja latihan yang agan lakukan kurang tepat. Latihan compound seperti squat adalah latihan yang baik dilakukan bagi tubuh ectomorph. Latihan compound memungkinkan persendian dan otot agan terlatih secara bersamaan. Saat berlatih squat misalnya, agan bisa melatih otot pinggul, lutut, dan engkel secara bersamaan. Push up dan bench press juga bisa menjadi cara menambah berat badan yang baik bagi tubuh ectomorph. Latihan ini berguna untuk perkembangan otot dada dan lengan agan.

4. Kurangi Olahraga yg banyak memakan energi


Ingat gan, kalo energi yg kita gunakan dalam beraktivitas itu berasal dari kalori yg kita konsumsi. Jadi kalo kita terlalu sering olahraga yg terlalu menguras energi, maka kalori yg seharusnya digunakan otot agar mengembang malah habis untuk berlari, lompat, atau renang. Jadinya ya percuma gak bakal bisa gemuk. Olah raga yg menguras banyak energi misalnya sepak bola, futsal, badminton, renang, basket, volley, dll.

5. Berhentilah Merokok

Berhenti Merokok

Nikotin dan Tar adalah kandungan terbesar dalam rokok yg dapat menghambat tubuh untuk menjadi gemuk. Cobalah berhenti merokok, dan gantilah kebiasaan merokok dengan memakan camilan atau kudapan.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment