6 Langkah untuk Mencegah Sakit Gigi

Health Teeth

Jakarta - Gigi sehat, bersih, kuat dan sehat sudah pasti hal yang diinginkan banyak orang. Gigi yang sehat, bersih dan kuat tentunya dapat membuat Anda lebih percaya diri ketika tersenyum dan berbicara dengan orang lain. Untuk mendapatkan gigi yang 'sempurna' ini sebenarnya tidak sulit. Yuk merawat gigi dengan melakukan langkah berikut ini kalau tak mau gampang sakit gigi:

1. Menggosok gigi
Kegiatan ini wajib dilakukan. Sikat dan bersihkan gigi Anda 2 sampai 3 kali per hari. Menyikat gigi setiap hari selain berfungsi untuk menyegarkan nafas Anda, juga dapat menjaga kesehatan gigi. Flossing gigi juga bisa anda lakukan untuk mebersihkan kotoran yang tidak terjangkau dengan sikat gigi. Jika Anda malas menggosok gigi, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulai dari terbentuknya karang gigi, radang gusi, plak atau bahkan tanggalnya gigi itu sendiri. 

2. Jangan Merokok
Merokok dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius termasuk penyakit jantung dan kanker paru-paru. Tidak hanya itu saja, tahukah Anda bahwa merokok juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi Anda? Jika Anda merokok, cobalah berhenti dari sekarang. Merokok dapat menyebabkan warna gigi menjadi kuning. Lama-kelamaan gigi juga akan mudah berlubang.

3. Kunjungi Dokter Gigi
Kadang-kadang menyikat gigi saja itu tidak cukup. Seiring berjalannya waktu, karang gigi akan terbentuk di gigi Anda dan itu perlu dibersihkan. Periksalah gigi Anda ke dokter gigi minimal enam bulan sekali untuk membersihkan serta merawat gigi Anda. 

4. Kalsium yang Cukup
Kalsium tidak hanya baik untuk tulang, tetapi juga baik untuk gigi yang kuat. Gigi Anda tertanam dalam tulang rahang. Jika kepadatan tulang rapuh, gigi Anda tidak akan memiliki pijakan yang kuat. Jadi, untuk mendapatkan banyak kalsium rajinlah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium seperti brokoli, sarden, salmon, yoghurt, susu, dan keju.

5. Vitamin C
Vitamin C sangat penting untuk menjaga gusi Anda sehat dan bebas penyakit. Vitamin C juga akan memperkuat pembuluh darah jaringan ikat yang menahan gigi di rahang. Selain itu, manfaat dari vitamin C bisa membantu mengurangi peradangan gusi. Anda dapat meminum suplemen vitamin C untuk meningkatkan kesehatan gigi atau makan makanan yang kaya vitamin C seperti buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran.

6. Minum Air Putih
Air membantu membersihkan partikel makanan yang tertinggal di dalam gigi. Jika Anda tidak sempat menyikat gigi, minimal anda harus berkumur dengan air setelah makan. Minum teh hijau tanpa gula juga baik untuk gigi anda karena dianggap bisa membantu mencegah kerusakan gigi. Teh hijau juga mampu untuk membunuh bakteri pada gigi. Dan teh hijau lebih kecil kemungkinannya untuk menyebabkan noda pada gigi dibandingkan teh biasa.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment