5 Momen Keajaiban Sir Alex Ferguson

Sir Alex Ferguson

Sir Alex Ferguson dianggap sebagai manajer tersukses di Britania Raya. Pelatih asal Skotlandia itu berhasil mempersembahkan 38 piala selama 26 tahun melatih di Old Trafford.

Berikut ini lima momen keajaiban Ferguson selama berkarier sebagai pelatih seperti dikutip dari situs resmi UEFA:

1. 11 Mei 1983, Final European Cup Winners' Cup, Stadion Nya Ullevi, Gothenburg

Ferguson yang masih melatih klub asal Skotlandia Aberdeen, harus dihadapkan raksasa Spanyol Real Madrid di babak final. Banyak pihak memprediksi Aberdeen akan menjadi bulan-bulanan Los Blancos di final. Namun, Aberdeen tampil mengejutkan saat pertandingan berjalan tujuh menit ketika Eric Black membobol gawang Madrid. Penalti Juanito membuat Madrid menyamakan kedudukan 1-1. Kemenangan Aberdeen akhirnya ditentukan melalui sundulan John Hewitt pada menit ke-112. Usai pertandingan legenda Madrid Alfredo Di Stefano mengatakan: "Aberdeen melakukan hal yang tidak bisa dibeli dengan uang. Semangat tim yang dibangun karena tradisi."

2. 6 November 1986, Ditunjuk sebagai pelatih MU

Sempat dihubungkan dengan Arsenal, Tottenham Hotspur dan Glasgow Rangers, Ferguson lebih memilih bergabung dengan MU. Ferguson masih 44 tahun ketika menggantikan Ron Atkinson yang dipecat. Legenda MU Sir Bobby Charlton harus bekerja keras merayu manajemen MU untuk lebih memilih Ferguson daripada Terry Venables.

"Saya bertanya kepada direktur lainnya apakah mereka melihat Ferguson ketika Aberdeen mencetak gol kemenangan melawan Madrid. Saya bilang, dia menghidupkan semangat tim di setiap pertandingan, memimpin di pinggir lapangan, memberi pemain kepercayaan diri," ujar Charlton.

3. 2 Mei 1993, Oldham Athletic 1-0 Aston Villa (Gelar Premier League pertama)

Setelah sempat mengalami masa-masa sulit pada empat musim pertama di MU, Ferguson mulai menuai kesuksesan di awal 1990an. Setelah memenangi Piala FA pada 1990 dan kemudian Piala Winners pada 1991, Ferguson meraih gelar Premier League pertama musim 1992/1993.

Pada 2 Mei 1993, Ferguson sedang asyik bermain golf. Tiba-tiba seseorang yang tidak dikenal mendatangi Ferguson dan mengucapkan bahwa MU sudah memenangi gelar liga. Ternyata, Aston Villa yang menjadi pesaing MU kalah 0-1 dari Oldham Athletic. Villa pun tidak mampu mengejar perolehan poin MU.


4. 26 Mei 1999, Final Liga Champions Manchester United FC 2-1 Bayern Munich

Salah satu final bersejarah di Liga Champions. MU tertinggal 0-1 hingga injury time. Namun, The Red Devils mampu membalikkan keadaan melalui gol Teddy Sheringham dan Ole Gunnar Solskjaer. "Saya mulai berpikir untuk menerima kekalahan di final," ujar Ferguson usai pertandingan.

5. 21 Mei 2008, Final Liga Champions Manchester United VS Chelsea

Ferguson patut berterima kasih kepada Edwin van der Sar yang mampu memblok penalti Nicolas Anelka. Selain itu, John Terry juga gagal mengeksekusi penalti setelah terpeleset. MU pun meraih gelar Liga Champions ketiga, dan yang kedua bagi Ferguson.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment