4 Tips Memilih Sepatu

Sepatu

Sepatu merupakan salah satu perlengkapan yang sangat penting saat kita berolahraga. Alas kaki ini menjaga kinerja tubuh agar tetap baik selama beraktivitas fisik dan menunjang kemampuan melakukan gerakan-gerakan olahraga.

Selain itu, pemilihan sepatu yang sesuai akan mencegah terjadinya cedera, terutama pada sistem tungkai, pergelangan kaki, lutut, panggul, dan tulang belakang. Jika salah memilih sepatu, efeknya bisa sampai ke tulang belakang.

Karena itu, perhatikan beberapa hal saat kita membeli sepatu. Salah satunya, sesuaikan dengan olahraga yang kita lakukan. Sepatu untuk berlari berbeda dengan sepatu untuk olahraga bola basket atau sepak bola.


1. Perhatikan sesuaikan dengan bentuk telapak kaki kita
Dalam kedokteran olahraga, dikenal tiga bentuk telapak kaki, yakni flat (rata), high arc (ada cekungan di tengah telapak), dan kaki normal. Ini penting untuk pemilihan jenis sol sepatu.

Bentuk Telapak Kaki

2. Perhatikan waktu untuk membeli sepatu
Sore hari adalah waktu yang disarankan untuk berbelanja sepatu karena saat itu, ukuran kaki lebih besar dibanding pada pagi hari. Karena aktivitas dari pagi menyebabkan adanya akumulasi cairan di kaki yang membuat ukurannya sedikit lebih besar.

3. Ukuran sepatu
Jangan terlalu pas dengan ukuran kaki, sehingga jari-jari kaki masih bisa bebas bergerak. Jangan ragu untuk berinvestasi dengan membeli sepatu yang relatif mahal. Harga sepatu dengan standar yang baik umumnya memang tidak murah, yakni di atas Rp 600 ribu.

4. Mengganti sepatu setiap enam bulan
Namun ini bergantung pada pemakaian dan berat-ringan olahraga yang dijalankan. Semakin sering digunakan, fungsi sol sebagai peredam gaya akan semakin berkurang. Sol yang semula lunak akan menjadi lebih keras.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment