Square Enix akan Buka Studio di Indonesia!

Square Enix Smileworks

Pada ajang Game Network Jakarta 2013, Square Enix telah mengumumkan berdirinya sebuah studio baru yang berlokasi di Surabaya, yaitu Square Enix Smileworks. Studio tersebut memiliki misi untuk "menyebarkan senyuman ke seluruh dunia melalui jasa hiburan terbaik yang didasarkan atas harmonisasi hubungan antara Indonesia dan Jepang". Berbicara kepada kami, CEO Hiroaki Kanamaru secara singkat menjelaskan mengenai studio tersebut.

"Smileworks baru saja berdiri pada Mei ini. Tetapi sejak Desember lalu kami sudah mulai mengembangkan game di Indonesia bersama perusahaan bernama Gotanda Denshi," jelasnya. "Hingga sekarang kira-kira sudah ada 30 orang yang bekerja di studio kami. Memang untuk saat ini kami lebih banyak melakukan lokalisasi, tetapi untuk kedepannya kami ingin mengembangkan game di Indonesia. Bahkan, kami juga sudah memiliki rencana untuk membuat game asli Indonesia."

Apakah ini berarti Square Enix memiliki kepercayaan dengan talenta dalam negeri?

"Orang Indonesia memiliki kemampuan untuk membuat game," lanjutnya. "Kemampuan mereka tidak kalah hebat apabila dibandingkan dengan negara lainnya."

Sebagai tambahan, Kanamaru juga membahas secara singkat mengenai pasar game lokal.

"Untuk saat ini pasar Indonesia masih rendah. Meskipun begitu, ada prediksi bahwa dalam 10 tahun ke depan perekonomian Indonesia dapat menyamai Jepang. Kami berharap hal yang sama akan terjadi dengan pasar gamenya."

Square Enix Smileworks merupakan studio yang berfokus pada platform PC dan mobile. Judul-judul mereka akan berada di jalur distribusi SE Asia dan Japan untuk diluncurkan ke sejumlah negara Asia, termasuk Indonesia, Thailand, dan Singapura.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment