Ini 41 Lokasi Pengalihan Arus Lalu Lintas di Hari Buruh

Hari Buruh Sedunia

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas pada peringatan Hari Buruh Sedunia, Rabu (1/5/2013), Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memilih 41 lokasi pengalihan arus kendaraan di Jakarta.

"Berdasarkan unjuk rasa besar yang akan dilakukan pada 1 Mei, perlu ada pengalihan arus agar tidakstuck atau tidak mengalami kemacetan total yang tentunya menghambat produktivitas," kata Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Sambodo Purnomo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin (29/4/2013).

Ia mengatakan, polisi akan melakukan pengalihan arus lalu lintas di 41 lokasi di wilayah DKI Jakarta. Polisi juga akan memberikan fokus pada tiga lokasi penting yang kemungkinan akan menjadi pusat konsentrasi massa, yakni Istana Negara, Bundaran Hotel Indonesia (HI), dan depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan. "Pusatnya nanti ada di tiga titik itu dan di gedung-gedung lain," ujar Sambodo.

Sambodo mengatakan, selain tiga lokasi di atas, konsentrasi massa buruh berada di kantor Kemnakertrans, KPK, Kejaksaan Agung, Jamsostek, Kantor Gubernur DKI atau Balaikota DKI, Mahkamah Konstitusi, dan Mabes Polri. Polisi akan melakukan pengamanan lalu lintas pada lokasi-lokasi itu.

Adapun 41 lokasi pengalihan arus lalu lintas terdapat di sejumlah traffic light di lima wilayah DKI, yaitu
  1. Jakarta Barat: pengalihan arus dilakukan di traffic light (TL) Slipi, TL Tomang, TL Grogol, TL Roxy, TL Petojo, TL Batu Ceper, TL Mangga Besar, TL Gajah Mada, dan TL Asemka di Stasiun Kota.
  2. Jakarta Selatan: pengalihan arus dilakukan di TL Lebak Bulus, TL Fatmawati, TL Panglima Polim, TL Santa, TL Mampang, TL Kuningan, TL Pancoran, Doorbrak DPN Kedubes Malaysia, TL Pakubuwono, TL CSW, TL Pati I, TL Bulungan, TL Monaliza, dan Panglima Polim IX.
  3. Jakarta Utara: pengalihan arus dilakukan di TL Bintang Mas, TL Coca Cola, TL Jembatan Lima, TL Pasar Ikan.
  4. Jakarta Pusat: pengalihan arus dilakukan di TL Cokroaminoto, TL Tugu Tani, TL Senen, TL MBAL, TL Pintu Besi, TL Tarakan, TL Biak, TL Kesehatan, dan TL Harmoni.
  5. Jakarta Timur: pengalihan arus dilakukan di TL Baru, TL Cawang UKI, TL Cawang Kompor, pertigaan Kalibata, dan simpang T Kampung Melayu.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment