5 Kejutan dari Blackberry Live

Blackberry Live

Hari pertama event BlackBerry Live 2013 di Orlando, Amerika Serikat, telah usai. Masih dua hari lagi agenda padat yang bakal disiapkan BlackBerry. Apa saja yang menarik?

Pada pembukaan BlackBerry Live 2013 ini, CEO BlackBerry Thorsten Heins dan sejumlah ekeskutifnya memamparkan fitur dan layanan terbaru mereka.

Nah, di hari pertama ini Heins membuka tabir yang tak pernah diduga sebelumnya. Bahkan, beberapa gosip yang beredar pun dipatahkan melalui sebuah pengumuman mengejutkan.

Apa sajakah itu? Simak hasil rangkuman detikINET yang mengikuti BlackBerry Live 2013, Rabu (15/5/2013).

1. BlackBerry 10 'Murah' Itu Q5, Bukan R10

BlackBerry 10 'Murah' Itu Q5, Bukan R10

Sebelum acara BlackBerry Live dimulai, santer terdengar vendor asal Kanada itu akan mengumumkan handset yang berbasis BlackBerry 10 untuk segmen menengah ke bawah.

Apalagi hal ini semakin diperkuat dengan bocoran gambar BlackBerry 10 versi murah, dengan layar 3,1 inch dan papan ketik qwerty fisik.

Akhirnya, CEO BlackBerry Thorsten Heins benar-benar mengumumkan kehadiran BlackBerry 10 untuk negara berkembang di atas panggung.

Handsetnya mirip seperti bocoran yang beredar, bodi seperti Curve, tanpa trackpad dan layar tanggung tak terlalu besar.

Tapi, soal nama bukan R10 yang digembar-gemborkan media. Heins malah menyebutnya, Q5.

2. Alicia Keys & Lewis Hamilton

Alicia Keys di Blackberry Live

Saat peluncuran BlackBerry Z10, Heins menunjuk penyanyi R&B Alicia Keys sebagai Direktur kreatifnya. Saat itu, keputusan ini cukup mengejutkan dan memikat perhatian.

Nah, untuk pertama kalinya sejak ditunjuk oleh BlackBerry sebagai Creative Director, Alicia Keys naik ke atas panggung besar di BlackBerry Live. Dia berbicara tentang posisinya di BlackBerry dan wanita di kancah teknologi.

"Ketika pertama kali bertemu dengan Frank (Boulben, Chief Marketing Officer), saya tak mengerti apa yang dia bicaraka.Kini, saya sangat-sangat bersemangat," ujar penyanyi ini, di BlackBerry Live, Orlando,yang juga disaksikan oleh detikINET.

Di atas panggung itu, Key menceritakan bagaimana posisi wanita masih kalah banyak dibandingkan dengan pria di sektor teknologi. Ini yang membuatnya prihatin.

Menyadari hal tersebut, Keys pun berusaha membantu para wanita agar bisa sejajar dengan pria di sektor teknologi.

Selain Alicia Keys, BlackBerry Live juga kedatangan tamu istimewa. Dia adalah pembalap Formula 1 Lewis Hamilton. Pembalap dari tim Mercedes itu diboyong BlackBerry untuk memperkenalkan layanan BBM Channel.

Lewis pun menjelaskan seputar layanan baru ini dan berbagi pengalaman bagaimana ia dan timnya akan lebih mudah berinteraksi dengan para fansnya lewat BBM Channel.

Luis Hamilton & CEO Blackberry

3. Tambahan Fitur di Update Minor BB10

Tambahan Fitur di Update Minor BB10

Sudah bukan rahasia lagi saat BlackBerry disebut mengumumkan update dari BlackBerry 10. Namun versi update minor, BB 10.1 ini ternyata menyajikan lumayan banyak fitur tambahan.

"Sebagai tahap awal update versi BlackBerry 10.1 akan hadir untuk Q10, lalu Z10. Versi terbaru ini,menghadirkan beberapa penyempurnaan fitur," kata Heins.

Perubahan yang ada di update BlackBerry 10.1, terdiri dari perbaikan notifikasi, penyempurnaan BlackBerry Hub dan tambahan mode HDR di Kamera.

4. Blackberry Channel

Blackberry Channel

BlackBerry Channel, adalah layanan beta yang diperkenalkan di atas panggung megah BlackBerry Live. Ini merupakan eksploitasi lanjutan dari layanan BlackBerry Messenger.

Bila sebelumnya pengguna BlackBerry Messnger bisa terhubung di akun Twitter dan Facebook melalui status update-nya. Maka BlackBerry Channel tak jauh berbeda.

Bedanya adalah, BlackBerry Channel ini diperuntukkan bagi brand atau artis agar lebih dekat dengan konsumen atau penggemarnya.

Maksudnya begini, pengguna memungkinkan mendapatkan pesan secara real time dari artis atau perusahaan mengenai informasi yang terbaru.

5. BBM di iOS & Android

BBM on iOS & Android

Ini mungkin menjadi penutup paling mengejutkan di BlackBerry Live di hari pertama. Pasalnya, akhirnya BlackBerry melepas BlackBerry Messenger ke platform lain.

CEO BlackBerry Thorstein Heins mengungkapkan bahwa BBM -- yang selama ini eksklusif di OS BlackBerry -- akan segera terbuka dan hadir di sistem operasi lain.

"Mulai musim panas nanti, BBM akan segera hadir di lintas platform," kata Heins, di acara BlackBerry Live, yang turut dihadiri oleh detikINET.

"Ini adalah bukti komitmen kami dalam mengembangkan pengalaman BBM di platform lain secara utuh. Nantinya pengguna dapat berbagi pesan dan membuat grup," tambahnya.

Heins menambahkan, BBM lintas platform ini akan mendukung iDevice dengan versi iOS 6 dan Android Ice Cream Sandwich ke atas.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment