10 Film Bollywood Terlaris

Industri perfilman India atau yang biasa disebut sebagai Bollywood, adalah salah satu sentra produksi film terbesar di dunia setelah hollywood. Film pertama yang diproduksi di India adalah Raja Harishchandra, film hitam putih tanpa suara (silent film) yang disutradai oleh Dadasaheb Phalke dirilis pada tahun 1913. Seiring berjalannya waktu, industri diperluas dan jumlah film yang diproduksi terus meningkat sepanjang tahun 1920 dan 1930. Berbagai teknologi seperti suara, pewarnaan, dan teknologi efek komputer pun mulai digunakan pada film-film bollywood hingga saat ini.

Nah Ini dia 10 Film Bollywood Terlaris Sepanjang Masa.

1. Chennai Express (2013)

Chennai Express

Rahul (Shahrukh Khan) dalam suatu perjalanan ke sebuah kota kecil di Tamil Nadu untuk memenuhi keinginan terakhir kakeknya: merendam abu jasadnya dalam air suci Rameshwaram. Dalam perjalanan, ia bertemu seorang wanita yang berasal dari sebuah keluarga yang unik di Selatan bernama Meenanammalochni Azhagusundaram (Deepika Padukone). Film berlanjut pada kisah asmara dua sejoli ini.

Film arahan sutradara Rohit Shetty ini memperoleh keuntungan bersih sebesar INR 408 crore (US$62 juta)

2. 3 Idiots (2009)

3 Idiots

3 Idiots adalah film drama komedi yang disutradarai oleh Rajkumar Hirani, dengan skenario oleh Abhijat Joshi, dan diproduksi oleh Vidhu Vinod Chopra. 3 Idiots dibintangi oleh Aamir Khan, Kareena Kapoor, R. Madhavan, Sharman Joshi, Omi Vaidya, Parikesit Sahni dan Boman Irani.

Film ini meraup keuntungan bersih sebesar INR 392 crore (US$60 juta)

3. Ek Tha Tiger (2012)

Ek Tha Tiger

Ek Tha Tiger adalah film action romantis sekaligus thriller, disutradarai oleh Kabir Khan dan diproduksi oleh Aditya Chopra Yash Raj Films of. Film ini dibintangi oleh Salman Khan dan Katrina Kaif di peran utama dan Ranvir Shorey, Girish Karnad, Roshan Seth dan Gavie Chahal sebagai pemeran pendukung.

Film ini meraup keuntungan bersih sebesar INR 310 crore (US$47 juta)

4. Yeh Jawaani Hai Deewani (2013)

Yeh Jawaani Hai Deewani

Yeh Jawaani Hai Deewani adalah film drama yang mengisahkan tentang hubungan antara dua karakter, Bunny (Ranbir Kapoor) & Naina (Deepika Padukone).

Film yang disutradarai oleh Ayan Mukherjee ini memperoleh keuntungan bersih sebesar INR 301 crore (US$46 juta)

5. Dabangg 2 (2012)

Dabangg 2

Chulbul Pandey (Salman Khan) sudah ditransfer dan dipromosikan ke Kanpur. Ia bahagia menikah dengan Rajjo (Sonakshi Sinha). Ia menyaksikan banyak kegiatan kriminal harian dan penculikan, pemerkosaan dan pembunuhan yang dilakukan di siang bolong. Film ini disutradai oleh Arbaaz Khan.

Film ini memperoleh keuntungan bersih sebesar INR 250 crore (US$38 juta)

6. Jab Tak Hai Jaan (2012)

Jab Tak Hai Jaan

Setelah menemukan dan kehilangan cinta sejatinya (Katrina Kaif) di London, Samar Anand (Shah Rukh Khan) menantang kematian dengan menjadi seorang ahli penjinak bom untuk Angkatan Darat India. Kembali ke London setelah 10 tahun, ia menderita amnesia setelah kecelakaan. Apakah dia akan bertemu kembali dengan cintanya?

Film arahan Yash Chopra ini berhasil memperoleh keuntungan sebesar INR 238 crore (US$36 juta)

7. Bodyguard (2011)

Bodyguard

Bodyguard adalah film action India yang disutradarai oleh Siddique. Film ini diproduksi oleh Atul Agnihotri serta dibintangi oleh Salman Khan dan Kareena Kapoor.

Film ini memperoleh keuntungan sebesar INR 230 crore (US$35 juta)


8. Dabangg (2010)

Dabangg

Dabangg adalah film action India, disutradarai oleh Abhinav Kashyap dan diproduksi oleh Arbaaz Khan di bawah Arbaaz Khan Productions. Peran utama diisi oleh Salman Khan dan Sonakshi Sinha. Film ini menandai debut Sonakshi sebagai aktor, Arbaaz sebagai produser dan Kashyap sebagai direktur. Film ini dilanjutkan lewat sekuelnya Dabangg 2.

Film ini memperoleh keuntungan sebesar INR 215 crore (US$33 juta)

9. DON 2 (2011)

DON 2

Film DON 2 yang dibintangi Shah Rukh Khan dan Priyangka Chopra ini mengulang kembali sukses Don yang meledak lima tahun silam dan meraih Film Asia Terbaik di Festival Film Fantasi Internasional Neuchatel. Farhan Akhtar masih menukangi seri kedua film ini bahkan hingga Don 3 yang rencananya bakal dirilis tahun depan.

Film ini meraup keuntungan bersih hingga INR 206 crore (US$32 juta)

10. Ra.One (2011)

Ra.One

Ra.One adalah film fiksi ilmiah dan superhero yang disutradarai oleh Anubhav Sinha dan dibintangi oleh sederet aktor dan aktris beken seperti Shahrukh Khan, Kareena Kapoor, Armaan Verma, Arjun Rampal, Shahana Goswami dan Tom Wu.

Film ini berhasil meraup keuntungan sebesar INR 202 crore (US$31 juta)

Previous
Next Post »
Thanks for your comment