Aqua Top Display, Prototipe Layar Gadget Menggunakan Media Air

Aqua Top Display

Apa itu AquaTop Display?
Aqua Top Display adalah sistem proyeksi, yang menggunakan air (air yang agak keruh) sebagai permukaan layar. Sistem ini bisa menjadikan bagian tubuh pengguna bergerak dan berpindah melewati layar ini, baik didalam maupun diluar layar (didalem air sama diluar air maksudnya kali). Menggunakan karakteristik unik dari benda cair, kami menawarkan metode interaksi spesifik baru untuk menjadi media proyeksi, air!. Sistem ini menggunakan Depth Camera untuk mendeteksi input di dan diatas permukaan air untuk bisa berinteraksi seperti memunculkan jari dari dalam air ke permukaan, juga mencakup atau mengambil air dengan dua tangan. Beberapa tipe interaksi itu tidak bisa terjadi secara normal dengan permukaan kasar atau keras. Contohnya, dengan melayangkan satu anggota tubuh diatas permukaan air, ini juga bisa menggabungkan anggota tubuh dengan objek yang ditampilkan untuk menjadikannya satu dengan layar.

Konfigurasi

Konfigurasi

Gambar diatas menampilkan gambaran mengenai layout AquaTop Display. Komponen utama dari display ini adalah sebuah bak mandi berdimensi 600mm x 900mm x 250mm. Sebuah Microsoft Kinect (yang berfungsi sebagai depth camera) dipasang diatas bak mandi tersebut bersama dengan sebuah proyektor. Speaker waterproof disertakan di dasar bak mandi. Ketiga komponen tersebut dihubungkan dengan PC Master Control. Di dalam bak mandi tersebut diisi dengan air yang dicampur dengan Milky Bath Salt, yang merubah air jadi sedikit agak keruh (Jadi milky gitu, aga keruh aga putih). Hal itu membuat proyeksinya bisa terlihat di permukaan air. Dan juga, permukaan airnya bisa memantulkan cahaya inframerah dari Kinect. dan agar jari kita bisa dideteksi oleh Kinect.

Interaksi Desktop

Interaksi Desktop

Gambar diatas adalah "Desktop Interaction". ada tiga macam interaksi, pertama adalah untuk "melihat Photo dan Video". Ini adalah masukan Multi-touch. Kita punya lima fungsi untuk foto dan video melalui proyeksi jari dan tangan melalui dari bawah air keruh. Satu untuk drag foto dari satu jari, satu untuk mengubah ukuran dengan dua jari. Satu untuk menghapus foto dengan tiga jari. Satu lagi untuk melihat sebuah foto atau video dengan mensekop ikon di permukaan air keruh. Satu lagi untuk memunculkan simulasi cairan dan untuk menampilkan ikon dengan tangan (Semacam mainan air gitu dah di jakusi). Ini seperti gerakan nyata, apalagi seperti mengambil sesuatu dari permukaan air dengan cara mensekopnya dengan dua tangan. Ketiga interaksi itu natural, fisik dan virtual. Kita ingin menjadikan banyak variasi di area tersebut seperti permainan yang mengibur.

Interaksi Game

Interaksi Game

Ini gamenya. Gambar diatas menampilkan "shooting game interaction" (alias game tembak-tembakan alias shooting). Kami menampilkan permainan tembak ubur-ubur. Ubur-uburnya adalah musuh, untuk menyerang, kita bermain dengan proyeksi jari dan tangan di atas permukaan air seperti gambar diatas.

Publikasi dan Kontaknya Pembuat : 

Publications
  • AquaTop Display: A True ”Immersive” Water Display System, SIGGRAPH2013 Emerging Technologies.
  • AquaTop Display, Laval Virtual ReVolution.
  • お風呂ディスプレイ:浴槽型没入映像体験システム, WISS'12.
  • Fluid surface: interactive water surface display for viewing information in a bathroom, ITS'12.
Awards
  • Laval Virtual Awards 2013. Grand Prix.
  • Laval Virtual Awards 2013. Interfaces and Materials.
  • The 20th Workshop on Interactive Systems and software. Demo Award
Contact
Yasushi Matoba : matoba@vogue.is.uec.ac.jp

Previous
Next Post »
Thanks for your comment