Inilah 4 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Pensiun

Setiap bos dan karyawan yang bekerja di kantor tentunya memiliki waktu dimana mereka akan pensiun. Oleh karena itu, selama Anda masih bekerja, maka manfaatkanlah pendapatan dengan baik dan sisihkan sebagian untuk keperluan nanti saat sudah pensiun. Masih ada beberapa hal lainnya yang perlu disiapkan sebelum Anda pensiun. Apa saja? Simak di sini, seperti dikutip dari eHow.

Menabung

1. Menabung dari Awal
Jangan sampai saat Anda sudah pensiun, Anda malah dipusingkan oleh keuangan. Jika ini terjadi, itu menandakan bahwa Anda salah dalam menabung sewaktu masih kerja dulu. Di masa tua, Anda harus menikmati hidup, bersenang-senang dan lebih rileks. Bukannya malah terbelit hutang dan kehabisan uang. Jadi, mulailah menabung dari awal Anda bekerja untuk menyiapkan dana kehidupan saat pensiun kelak.

Hemat

2. Hemat
Setelah pensiun nanti, Anda tidak akan mendapatkan uang atau gaji lagi. Anda pun tak bisa melakukan hal seperti saat masih kerja dulu, seperti belanja setiap bulan, traveling, dan lain sebagainya. Agar terbiasa dengan hal itu, akan lebih baik bila dari sekarang mengurangi kebiasaan tersebut. Dengan berhemat dan rajin menabung setiap bulannya, maka dana tersebut bisa mencukupi untuk memenuhi kebutuhan Anda saat pensiun nanti.

Investasi

3. Siapkan Investasi
Masih banyak orang yang belum memahami fungsi investasi. Padahal, investasi ini sangat penting dan hampir sama dengan Anda menabung. Tentunya ini sangat berguna bagi masa depan. Dengan investasi, Anda akan terbiasa menabung dan uang Anda pun akan bertambah.

Bebas Utang

4. Lunasi Hutang
APabila Anda masih memiliki tanggungan kredit dan hutang, sebaiknya lunasilah segera. Jangan sampai saat udah pensiun, Anda malah terbebani dengan hutang. Ini hanya akan membuat Anda stres di umur senja yang seharusnya sudah tidak perlu pusing lagi memikirkan uang.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment