10 Suppermassive Black Hole Terbesar yang Pernah diketahui oleh Manusia

Black Hole

Black Hole berikut ini tidak hanya besar tapi juga sangat besar (supermassive). Keberadaan mereka tidak hanya menakjubkan tetapi juga membingungkan para ilmuwan. Beberapa dari mereka bahkan berukuran sangat besar sehingga memaksa para ilmuwan untuk merevisi teorinya. 

Lubang hitam super masif (supermassive Black Hole) adalah tipe terbesar dari sebuah black hole, ukurannya bisa ratusan, ribuan, hingga milyaran kali massa Matahari. Kebanyakan (dan kemungkinan semua) galaksi diduga memiliki supermassive black hole dipusatnya. Berdasarkan uraian tersebut hingga kini ilmuwan sering menamakan supermassive black hole sama dengan nama galaksi tempat ia ditemukan.

Untuk mengukur besarnya sebuah lubang hitam super masif, ilmuwan menggunakan dua buah metode, yaitu metode mengukur kecepatan gerak gas dan metode mengukur kecepatan gerak bintang yang mengitari sang lubang hitam. Ilmuwan menghitung perbedaan kecepatan gerak gas/bintang yang berada di dekat lubang hitamdengan gas/bintang yang berada jauh dari lubang hitam. Karena jarak yang sangat jauh, model perhitungan yang berbeda-beda, dan terbatasnya informasi menyebabkan hasil ukuran dari sebuah lubang hitam tidak sepenuhnya akurat. Meskipun demikian ilmuwan terus berusaha meningkatkan keakuratan perhitungannya.

Berikut ini adalah 10 Supermassive Black Hole Terbesar yang Pernah diketahui oleh Manusia

10. NGC 3115
Lokasi: Konstelasi Sextans
Jarak: 32 juta tahun cahaya
Diameter: Kurang lebih seluas orbit planet Uranus
Massa: Sekitar 400 juta hingga 2 milyar massa Matahari

NGC 3115

9. NGC 6240
Lokasi: Konstelasi Ophiuchus
Jarak: 320 juta tahun cahaya
Diameter: Kurang lebih seluas orbit planet Neptunus
Massa: Sekitar 850 juta hingga 2 milyar massa Matahari

NGC 6240

8. ULAS J1120-0641
Lokasi: Konstelasi Leo
Jarak: 13 milyar tahun cahaya
Diameter: Kurang lebih seluas orbit planet Neptunus
Massa: Sekitar 2 milyar massa Matahari
Keunikan: Jarak yang sangat jauh

ULAS J1120-0641

7. IC 1459
Lokasi: Konstelasi Grus
Jarak: 100 juta tahun cahaya
Diameter: Kurang lebih seluas orbit planet Jupiter hingga Neptunus
Massa: Sekitar 350 juta hingga 2,5 milyar massa Matahari
Keunikan: Banyaknya debu dan gas yang menyelimuti black hole menyulitkan ilmuwan mengukur besarnya black hole, sehingga hasilnya bervariasi sangat jauh

IC 1459

6. M60
Lokasi: Konstelasi Virgo
Jarak: 51 juta tahun cahaya
Diameter: Kurang lebih seluas 8 kali orbit planet Neptunus
Massa: Sekitar 4,5 milyar massa Matahari

M60

5. M87
Lokasi: Konstelasi Virgo
Jarak: 50 juta tahun cahaya
Diameter: Kurang lebih seluas 3 kali orbit planet kerdil Pluto
Massa: Sekitar 6,6 milyar massa Matahari
Keunikan: Terdeteksi adanya aliran jet gas superpanas yang keluar dari pusat M87 berkecepatan 99% kecepatan cahaya dengan rentang ribuan tahun cahaya

M87

4. NGC 4061
Lokasi: Konstelasi Coma Berenices
Jarak: 325 juta tahun cahaya
Diameter: Kurang lebih seluas orbit planet Neptunus
Massa: Sekitar 1 milyar hingga 9 milyar massa Matahari

NGC 4061

3. NGC 3842
Lokasi: Konstelasi Leo
Jarak: 320 juta tahun cahaya
Diameter: Kurang lebih seluas 6 kali orbit planet Neptunus
Massa: Sekitar 9,7 milyar massa Matahari

NGC 3842

2. NGC 1277
Lokasi: Konstelasi Perseus
Jarak: 220 juta tahun cahaya
Diameter: Kurang lebih seluas 11 kali orbit planet Neptunus
Massa: Sekitar 17 milyar massa Matahari
Keunikan: Berbeda dengan kebanyakan supermassive black hole yang umumnya memiliki massa hanya 0,1% dari total massa galaksinya, supermassive black hole NGC 1277 ini memiliki jumlah massa 14% dari total massa galaksinya. Keberadaan NGC 1277 ini mematahkan teori evolusi galaksi yang selama ini dipegang ilmuwan sehingga ilmuwan kemungkinan harus merevisi teori evolusi galaksinya.

NGC 1277

1. NGC 4889
Lokasi: Konstelasi Coma Berenices
Jarak: 335 juta tahun cahaya
Diameter: Kurang lebih seluas 6 sd 17 kali orbit planet Neptunus
Massa: Sekitar 21 milyar massa Matahari
Keunikan: Inilah supermassive black hole terbesar yang pernah diketahui oleh manusia hingga saat ini. Untuk menghitung besarnya supermassive black hole NGC 4889 ilmuwan menggunakan bantuan superkomputer di Texas Advanced Computing Center. Ilmuwan memasukkan data pergerakan 63 buah bintang di galaksi NGC 4889 dan melalui hasil perhitungan ditemukan bahwa supermassive black hole NGC 4889 memiliki massa antara 9,8 milyar hingga 27 milyar massa Matahari dengan tingkat keyakinan yang tinggi pada 21 milyar massa Matahari.

NGC 4889

Bagaimana Black Hole tercipta bro?? 

Black Hole diperkirakan terbentuk ketika bintang raksasa mati dan hancur terserap oleh medan gravitasi yang dibuatnya sendiri. Ukurannya akan semakin kecil hingga menjadi sangat padat dan kecil yang disebut denganSingularity. Massa Black Hole diperkirakan 10x massa matahari (sekitar 10^31 Kg) dengan diameter 4,3x diameter matahari (sekitar 6juta Km). Black Hole akan menyerap semua partikel termasuk cahaya kedalamnya dan materi tersebut akan hancur saat tiba di Singularity. 

Black Hole juga mampu membengkokkan cahaya yang disebut dengan Gravitational Lensing. Black Hole dapat dianalogikan sebagai pusaran air yang sangat besar yang mampu menarik segala sesuatu kedalamnya. Semakin dekat ke pusaran air, semakin besar tarikannya.

Animasi terbentuknya Black Hole bisa dilihat di film Star Trek 2009 saat Black Hole menelan Planet Vulkan.

Apa hubungan Black Hole terhadap time travel bro?? 

Hubungan Black Hole terhadap time travel adalah jika kita berada di "perbatasan" Black Hole yang disebut dengan Event Horizon waktu akan berhenti disebabkan medan gravitasi yang sangat besar karena massa black hole yang sangat besar (Ingat kalau semakin dekat ke pusat gravitasi maka waktu berjalan semakin lambat). Ingat juga, waktu itu relatif gan, yang mutlak itu kecepatan cahaya. Karena waktu berhenti atau lebih lambat dari waktu di bumi. Maka saat kembali ke bumi, kita sudah berada di masa depan. Mudeng gan?? 

Jadi bisa dibilang metode ini bisa digunakan sebagai alternatif time travel ke masa depan jika membuat pesawat dengan kecepatan mendekati cahaya masih tidak memungkinkan walau praktikalnya jauh lebih tidak mungkin karena Black Hole terdekat dari bumi jaraknya diperkirakan 8000 tahun cahaya. Dan planet yang didekatinya saja terserap tak bersisa. Apalagi kita.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment